[REVIEW] Smartphone Gaming Asus ROG Phone 5

Review Rog Phone 5 A

Baru-baru ini, Asus kembali meramaikan pasar smartphone gaming di Indonesia dengan produk terbaru mereka, yaitu ROG Phone 5. Terdapat tiga varian ROG Phone 5 series yang rilis di Indonesia, yaitu ROG Phone 5 8/128GB, 12/256GB, dan ROG Phone 5 Ultimate.

Pada kesempatan kali ini, kami mendapat kesempatan dari untuk melakukan review ROG Phone 5 8/128 selama beberapa pekan, dan berikut adalah pengalaman kami menggunakan smartphone gaming ini:

Desain Mewah Dan Sangar

[REVIEW] Smartphone Gaming Asus ROG Phone 5 3

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, tampilan Asus ROG Phone 5 ini terlihat lebih kalem namun tetap memiliki kesan mewah. Desain belakang memiliki tekstur yang halus dan licin, sehingga kamu harus berhati-hati saat menggenggamnya. Untuk mengatasi hal ini, Asus menyertakan casing bawaan yang mengikuti desain smartphone gaming ini.

Pada bagian belakangnya, terdapat RGB light dengan style dot-matrix seperti yang diterapkan pada laptop gamingnya, yaitu Asus ROG G14. Pengguna diberi kebebasan penuh untuk menentukan warna, sehingga mampu mencerminkan taste tersendiri yang dapat membedakan antar pengguna.

Ketika digenggam, meski tanpa casing bawaan memang terasa nyaman karena layar smartphone gaming ini cukup luas. Ditambah berat Asus ROG Phone 5 yang dirasa ideal, membuat pegangan semakin nyaman.

Layar OLED Dengan Refresh Rate 144Hz

Nilai lebih dari smartphone gaming dari Asus ini adalah sudah menggunakan layar OLED dengan refresh rate 144Hz. Layar OLED buatan Samsung ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ditambah dengan sertifikasi layar, sehingga tidak akan membuat mata terasa sakit atau lelah ketika digunakan seharian.

Pengguna tetap diberi kebebasan untuk mengatur refresh rate pada smartphone gaming mereka, mulai dari 60Hz, 120Hz, 144Hz, hingga otomatis.

Meskipun saat ini belum ada game smartphone yang bisa berjalan pada 144Hz, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan ada game yang mampu berjalan pada refresh rate tersebut.

Hal serupa juga dialami oleh Asus ROG Phone 2 yang mendukung refresh rate 120Hz. Dan beberapa waktu ini, sudah ada beberapa game smartphone yang berjalan pada 120Hz seperti yang dapat dilihat pada list ini.

Pengisian Daya Yang Lebih Cepat

Di bagian kiri dan kanan, terdapat dua buah baterai yang memang dibuat terpisah yang bertujuan untuk mempercepat pengisian baterai smartphone ini. Dengan kapasitas masing-masing baterai 3000mAh, Asus memastikan bahwa suhu tidak akan terlalu tinggi ketika digunakan. Selain itu, smartphone gaming ini sudah menggunakan fast charging 65W.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Ketika baterai smartphone ini habis, diperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar 1 Jam lebih hingga terisi penuh. Mengingat kapasitas baterai Asus ROG Phone 5 ini sangat besar, tentulah kecepatan pengisian daya memiliki peran yang sangat penting di sini.

Fitur Yang Lebih Disempurnakan

Fitur yang tidak kalah menarik adalah fitur pendukung untuk segala keperluan gaming bernama Armoury Crate. Dengan cara pengoperasian yang cukup mudah, aplikasi ini mampu memberikan semua yang dibutuhkan pengguna, yang tentunya bisa diatur sesuai kebutuhan.

Mulai dari mengatur cahaya RGB di bagian belakang, hingga menyesuaikan performa dari CPU dan GPU, semua tersedia di aplikasi ini. Tidak lupa juga fitur untuk mematikan notifikasi pada layar, AirTrigger, dan sebagainya juga tersedia di Armoury Crate ini.

Perlu diperhatikan bahwa AirTrigger pada Asus ROG Phone 5 ini memiliki dua sensor ultrasonik yang berbeda dibanding pendahulunya. Dengan posisi yang mudah diakses dari atas, sehingga akan memudahkan penggunanya ketika memainkan game kompetitif.

Lebih Cepat Panas, Dan Bezel Yang Mengganggu

Ketika kami menggunakan smartphone ini untuk bermain CODM pada pengaturan tertinggi. tidak sampai sekitar 2 jam smartphone ini langsung terasa panas. Dengan spesifikasi Snapdragon 888, RAM 8GB, Storage 128GB, ditambah dengan baterai berkapasitas 6000mAh, rasanya tidak heran kalau smartphone ini menghasilkan panas tersebut.

Untuk mengantisipasi panas berlebihan ini, kami sangat menyarankan penggunaan cooler tambahan khusus smartphone. Asus ROG Phone 5 ini meletakkan prosesor tepat di bagian tengah smartphone, sehingga dipastikan cooler tambahan akan sangat efektif mendinginkan suhu ketika panas. Hal serupa tidak diterapkan pada smartphone gaming generasi sebelumnya, sehingga peran cooler akan sangat membantu di sini.

Selain panas, bezel dengan model lengkung pada smartphone ini juga dirasa cukup mengganggu ketika digunakan untuk memainkan game CODM. Kami bahkan harus melakukan setting ulang pada bagian layar agar tampilan pada game dapat dimuat seluruhnya.

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone gaming ini memang sangat mampu untuk diajak bermain game dengan settingan rata kanan. Namun, mengingat kendala Asus ROG Phone 5 yang terletak pada tingginya suhu ketika digunakan, termasuk bezel yang cukup mengganggu pada sebagian game, membuat smartphone ini membutuhkan pertimbangan lebih sebelum kamu membelinya.

Terlepas dari permasalahan tersebut, smartphone gaming dari Asus ini worth kok untuk dibeli. Dengan banyaknya fitur berperforma tinggi, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi para calon pembeli.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version