[Review] Super Robot Wars T – Tetap Meriah dan Konsisten Walau Tanpa Perubahan Signifikan


Follow Us

Bandai Namco cukup rajin untuk merilis game-game baru pada awal tahun 2019, mulai dari Jump Force game fighting dengan tokoh-tokoh shonen jump, hingga game terbaru One Piece World Seeker. Kali ini giliran game Turn Base Strategy milik Bandai Namco berjudul Super Robot Wars Series T. Super robot wars series sendiri sudah ada sejak PS 1 namun di seri-seri awal mereka hanya merilis untuk bahasa jepang. Meski demikian game ini tetap menarik minat beberapa orang penggemar anime mecha. Bisa dibilang plot series dari game ini bercerita tentang pertempuran antar galaxy dan dimensi yang melibatkan banyak tokoh-tokoh anime mecha yang bertempur dalam perang galaxy dengan menggunakan gameplay strategi. Mungkin sedikit berlebih tapi saya pribadi merasa Super Robot Wars seperti Infinity Wars milik Anime Mecha.

Nulis artikel dibayar

Karakter utama yang Anti-Hero?

If You’re a Perfect Soldier, then I’ll be a Perfect Salaryman :D

Dalam series ini kamu akan bermain sebagai Saizo seorang salaryman atau karyawan yang bekerja sebagai test pilot hingga dalam proses penyempurnaan robotnya, ia bertemu dengan konflik demi konflik hingga tanpa sadar ia menjadi seseorang yang penting dalam misi peyelamatan dunia. Dialog-dialog tentang bangganya dia menjadi salary-man terkesan konyol, masuk akal tapi tetap memiliki semangat tokoh utama adalah ciri khas Saizo. Menjadi pengingat saja apapun kondisi dia, ia tetap bersikukuh dengan karakternya yang eksentrik tanpa mengurangi kegagahannya.

Filosofi VTX Union, wait, what???!!

Sayang-nya ia kurang menonjol dibanding karakter lainnya. Ya, meski ia tokoh utama, ia berjalan seolah tanpa tujuan. Berbeda dengan Domon yang ingin menyelamatkan kekasihnya atau Van yang dihantui dengan rasa dendam, atau beberapa karakter lainnya yang memiliki misi untuk menjaga perdamaian meski dibalik bayang-bayang. Semua side karakter atau adaptasi dari seri mecha secara tegas memiliki tujuan, tetapi tidak untuk karakter utama. Bisa dikatakan karakter utama hanya ikut-ikut untuk menjaga kedamaian.

Penuh amarah dan menggebu-gebu

Pada saat battle sendiri beberapa karakter lain memiliki scene duel dengan salah satu villain utama atau boss, tapi sebagai tokoh utama Saizo sama sekali tidak memiliki scene khusus yang mencolok untuknya. Hal seperti inilah yang membuat Saizo cukup pantas jika dianggap kurang menonjol. Tetapi bukan berarti juga hal ini buruk dari semua itu Saizo mungkin bisa menjadi seorang hero di balik layar. Ya, mungkin itu kata yang lebih tepat untuk seorang tokoh utama. Pahlawan dibalik layar.


Cerita Luas, Dinamis dan Cukup Melebur dengan Baik

Bossssss!!!

Garis besar cerita ini bertumpu pada perusahan VTX dimana tempat Saizo bekerja yang tiba-tiba menjadi sponsor atau membantu pasukan independent untuk menahan serangan-serangan dari Alien dan Makhluk dari Planet dan Galaksi bahkan dimensi lain. Pada awalnya VTX hanya sebuah perusahaan yang menciptakan mecha atau lebih tepatnya senjata tempur untuk Earth Federation, dan salah satu produk dari VTX adalah Tyranado sebuah mecha dengan teknologi terbaik yang dimiliki perusahaan itu. Saizo tergabung dengan bagian bernama section 3 yang bertugas untuk mengembangkan Tyranado. Saizo adalah pilot untuk mecha tersebut, ditemani oleh Remi sebagai Co-Pilot. Meski masih berlabel prototype mereka mampu mengeluarkan potensi terbaik dari Tyranado dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. VTX juga bersaing dengan UND yang tiba-tiba berusaha untuk menguasai bumi.

BACA JUGA  8 Game PC Berdasarkan Adaptasi Anime Yang Rilis Tahun 2019
Section 3 team

Di sisi lain cerita original dari adaptasi series terlihat cukup kuat,  lengkap dengan ciri khas setiap seri. Sikap dari setiap tokoh tetap orisinil dan dapat berbaur dengan baik seperti seri super robot wars sebelumnya. Sama halnya dengan villain SRW T memberikan berbagai macam villain, bahkan beberapa original villain dari seri mecha yang di adaptasi hadir dengan ciri khas-nya dan menjadi lawan yang siap untuk kamu kalahkan. Beberapa karakter dari seri SRW sebelumnya juga banyak yang hadir disini.

Black Selena

Alur mengenai perubahan galaksi dan munculnya tokoh lain berjalan sangat mulus, meski sedikit atau lebih tepatnya setitik memaksa. Tapi dengan dunia yang pada dasarnya memang perang antar galaksi, semua jadi lebih masuk akal. Konflik utama berjalan secara bertahap, meski beberapa cerita berujung ke tempat yang jauh disana, lagi-lagi cerita itu dapat masuk akal karena embel-embel perang antar galaksi.

Ada Kue Spiku dari Cowboy Beebop

Secara pribadi aku cukup memuji cerita dari game ini, dengan dialog-dialog keren yang disertai candaan-candaan dibalut dalam kisah panjang yang menawan. Plot twist yang muncul satu-persatu, walaupun menurut pribadi sangat mudah untuk ditebak. Tapi tetap saja penyajiannya cukup emosional dan layak untuk dinikmati. Tak usah khawatir jika kamu tidak bermain seri sebelumnya. SRW T tetap bisa kamu nikmati dengan santai.


Belum Ada Perubahan Signifikan dalam Segi Gameplay dari Seri Sebelumnya dan Tetap Konsisten

Welcome Back Guys!!!

Super Robot Wars kali ini tetap belum memberikan perbedaan dengan 3 series sebelumnya. Yups, sama persis masih belum ada perbedaan signifikan kecuali warna dan kemasan. Terlihat dari gameplay yang masih sama dengan seri sebelumnya, bahkan UI juga sama dengan seri V dan seri setelah V. Mereka masih menggunakan system yang sama, adanya ex action, attack, dan lain-lain. Jelas game ini masih menggunakan engine yang sama dan masih belum merubahnya. Hanya seuprit perubahan gameplay yang terjadi yaitu supporter system. Ketika kamu adalah orang yang mengikuti series ini, mungkin kalian bisa mengatakan saat pertama kali battle kamu akan merasakan Dejavu.

UI ini memang simple

Tidak ada masalah dengan sistem update mereka yang masih menggunakan sistem yang lama. SRW memiliki 2 mata uang yang berbeda yang pertama adalah Funds. Funds digunakan untuk melakukan upgrade setiap mecha yang kamu miliki, setiap kenaikan upgrade semakin banyak pula Funds yang dibutuhkan. Sedangkan TacP digunakan membeli setiap kelengkapan bertempur, mulai dari item dan Armor, semakin mahal harganya bisa dikatakan semakin bagus efek yang diberikan.

BACA JUGA  7 Video Game yang Paling Mengecewakan Tahun 2019
Whoopsss

Untuk orang yang mengikuti series ini tentu saja menggunakan sistem yang sama sedikit mengganggu, tapi untuk pemain baru tentu saja ini bukan masalah. Semua hal itu bisa dimaafkan karena munculnya mecha-mecha baru dan alur cerita yang bisa dibilang bagus untuk seri Super Robot Wars T. Hanya saja jika dilihat dari sudut pandang orang yang mengikuti seri ini, tentu saja harapan tentang perubahan gameplay sangat diharapkan yang mungkin dapat memberikan tantangan baru. namun tetap bersikukuh dan tidak membuang turn base strategy yang menjadi ciri khas game ini. Bahkan sistem mengelabui AI dengan memanfaatkan sistem counter masih muncul pada seri ini. Di lain sisi SRW T juga masih menyajikan game strategi yang simple dan mudah dipahami.

Sampe Mentok

Keindahan Anime tetap hadir ciamik dan original

Cheeeeessstttt!!!!!

Melebur anime ke dalam sebuah game tetap menjadi ciri khas utama game ini. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa game ini membawa tokoh-tokoh dari anime mecha untuk menjadi karakter yang bisa digunakan bersama dengan segala bentuk original karakter itu, mulai dari voice aktor, mecha, skill atau jurus bahkan OST. Ya, hal ini memang selalu menjadi daya tarik yang cukup kuat untuk memainkan game ini, apalagi jika kamu adalah penggemar anime mecha, dan robot favorit kamu hadir dalam seri SRW ini.

Baca mantra?

Skill-skill dihadirkan dengan rapi dan sangat mewah menampilkan animasi khas anime, didampingi dengan Voice aktor dan OST original dari karakter tersebut saat menyerang lawan. Seperti Domon dari series Gundam Fighter yang bisa unjuk gigi dengan jurus andalannya Burning Finger dan terlihat sangat keren dalam game ini. Tak mau kalah tokoh-tokoh dari Mazinger yang memang sering muncul pada series SRW juga melakukan pertunjukan yang pantas diapresiasi dengan kata wow. Diakhiri dengan ledakan ciri khas anime mecha yang bersiap membuatmu semakin terpukau. Kecuali, mereka yang tak memiliki efek ledakan di jurusnya, maka yang terjadi lawan hanya meledak dengan efek original dari SRW yang sangat minimalis.

Burning FInger!!!!

Mungkin hal diatas menjadi salah satu faktor kuat yang membuat game ini cukup pantas untuk dibeli. Banyaknya jurus yang bisa kamu coba dari masing-masing mecha membuat game ini terasa lebih hidup. Meski pada awal game jurus setiap mecha sangat sedikit, namun jumlah skill akan bertambah seiring berjalannya waktu. Jurus atau skill baru akan keluar ketika kamu telah mencapai suatu stage tertentu atau perkembangan pilot telah mencapai persyaratan. Selain itu kamu mungkin ingin mengembangkan salah satu karakter agar mencapai potensial tertinggi dari salah satu mecha, membuat game ini terasa sangat bisa untuk di explore. Sayang sekali stage yang tersedia tidak mampu membuat seluruh karakter mu mencapai potensi maksimalnya, mungkin hanya sekitar 10 sampai 13 mecha yang bisa kamu upgrade secara maksimum bahkan pada difficult easy.

BACA JUGA  10 Hal yang Buat Pengalaman Bermain Game RPG Jadi Lebih Seru

Telinga cukup dimanjakan dengan sound efek dan OST

Alakazam Boom!!!

Kehadiran anime mecha dalam game ini juga tidak lepas dari back sound dan OST dari masing-masing seri anime. Seperti suara robot, laser yang ditembakan, dan juga teriakan jurus dari voice actor ditambah OST dibelakangnya disertai ledakan dari hancurnya lawan, ditambah dengan benturan besi ketika serangan itu terkena lawan. Semua terasa sangat enak dan pas. Dan yang terpenting semua hampir semua karakter memiliki hal ini.

Noriko powaru

Seluruh ost original dari Super Robot Wars T juga cukup bagus dan cukup enak untuk menemani setiap battle serta membaca percakapan dari game ini. Meski tidak berkesan wah, tapi semua terasa pas dan nikmat. Pergantian lagu dari satu serangan dan serangan lain terasa mulus, padahal cuman fade lalu dihidupkan lagi. Ada satu hal dari OST SRW T ini yang cukup bikin kesal, yaitu lagu menu utama. Lagu dengan genre j-rock yang super lawas terkadang bikin kesal. Setiap ingin memainkan game aku harus mendengarkan lagu itu berulang kali, yang lama-kelamaan bukannya jadi melekat tapi lebih ke “Eh, lagu ini lagi. Males ah..”

Kesimpulan

Super Robot Wars T memang bukanlah game yang kompleks, dan bisa disebut dengan game casual, karena turn base strategi SRW tidak begitu rumit dan mudah dipahami. Sebagai penggemar seri ini bisa dikatakan bahwa game ini masih bisa mendapat hati player dengan mengandalkan adaptasi anime mecha beserta sari-sarinya. Singkatnya Gameplay sederhana mereka dengan animasi indah ala anime tetap menarik perhatian. Penggabungan cerita yang tidak memaksa menjadi nilai plus untuk seri SRW T. Menurut pribadi, tidak ada perubahan pada gameplay setelah beberapa seri sedikit menggajal, dan memberikan setitik kesan negatif, hanya setitik. Selain itu game ini mungkin tidak mengeluarkan potensi maksimalnya jika pemainnya kurang mengerti masalah anime mecha. Overall game ini cukup bisa mengambil tempat dihati dengan segala isinya yang cukup beragam tapi tidak memaksa.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan Review Game atau artikel keren lainnya dari Rajendra.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item