Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza!

Judgment Featured

Review The Judgment Collection PC – Game dari Ryu ga Gotoku Studios telah tuju Platform PC baru – baru ini. Game yang merupakan Spin-off dari serial Yakuza ini sebelumnya telah rilis terlebih dahulu di platform PlayStation 4, PlayStation 5, Stadia, dan Xbox Series X|S.

Pada 14 September 2022, game ini mendapatkan versi Port untuk platform PC di Steam. Game ini merupakan port versi Remaster yang rilis untuk platform diatas selain PlayStation 4. Ryu ga Gotoku memberikan banyak peningkatan dari versi originalnya.

Review The Judgment Collection PC

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan review The Judgment Collection PC yang baru saja rilis pada 14 September 2022 di platform PC. Kami mengucapkan terima kasih kepada Sega dan juga Ryu ga Gotoku yang telah memberikan kami kesempatan untuk memainkan koleksi game ini.

Review ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketika memainkan game-nya dari awal hingga akhir. Buat gamer yang belum pernah memainkan game ini, kalian tidak perlu khawatir. Karena review ini bersih dari spoiler mengenai isi cerita sampai bagian plot twist yang populer dikalangan pecintanya.

The Judgment Collection PC berisikan 2 game dan 1 ekspansi story. 2 Game tersebut adalah Judgment, Lost Judgment, dan ekspansi story Kaito Files untuk game Lost Judgment. Mari kita mulai saja pembahasan mengenai review The Judgment Collection PC!

Story

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 14

Sama dengan versi originalnya, Judgment bercerita tentang karakter utama kita yaitu Takayuki Yagami. Yagami pada awalnya merupakan seorang pengacara sukses yang mendapatkan banyak pujian setelah memenangkan persidangan atas kliennya yaitu Shinpei Okubo.

Tapi sayang, Okubo kemudian dilaporkan telah membunuh pacarnya yaitu Terasawa Emi dan membakar rumah mereka. Yagami yang mendengar berita tersebut sangat terpukul serta menyalahkan dirinya atas kejadian tersebut. Dan Yagami akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi seorang pengacara.

Yagami kemudian membuka agensi Detektif bersama teman dekatnya yaitu Masaharu Kaito. Bersama Kaito, dirinya menyelesaikan masalah – masalah dari mencari kucing yang hilang hingga menjadi Debt Collector. Kantor mereka berlokasi di daerah Kamurocho.

Cerita Utama

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 15

Cerita utama dimulai 3 Tahun setelah pembunuhan yang dilakukan oleh Okubo. Seorang pembunuh berantai berkeliaran di Kamurocho dan telah membunuh 3 anggota clan Kyorei. Yagami menginvestigasi kejadian tersebut dan menguak hal – hal yang mengejutkan.

Sementara itu, Lost Judgment bercerita 3 tahun setelah kejadian Judgment. Yagami dan Kaito diundang oleh Sugiora dan Tsukumo untuk membantu menyelesaikan kasus Bullying yang ada di daerah Yokohama.

Shirosaki Saori yang merupakan seorang pengacara dan teman Yagami kemudian menelponnya dan mengatakan bahwa kliennya ditangkap atas kasus pelecehan seksual. Kasus tersebut ternyata berhubungan satu sama lain dan Yagami kini harus menguak apa yang sebenarnya terjadi.

Tidak Perlu Main Seri Yakuza!

Hal yang menarik dari spin-off ini, Pemain tidak perlu memainkan seri Yakuza terlebih dahulu untuk memahami apa yang terjadi pada Spin-off ini. Judgment dan Lost Judgment hanya berada pada satu dunia yang sama dengan Yakuza. Jadi hal ini sangat bagus untuk pemain yang ingin memainkan kedua game tersebut namun tidak atau belum mengikuti serial Yakuza.

Tetapi untuk para fans seri Yakuza, beberapa informasi kecil menjadi sebuah homage terhadap serial utamanya. Seperti Clan Matsugane yang merupakan bagian dari Clan Tojo dan sebagainya. Detil kecil ini menjadi sebuah fanservice bagi para fans game Yakuza.

Alur cerita yang menarik

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 16

Dari segi jalan cerita, Kedua game ini memberikan alur cerita yang sangat bagus. Jalan cerita pada kedua game ini membuat penulis sangat mengikuti perkembangan cerita. Plot Twist yang dihadirkan juga sangat bagus. Sering sekali penulis menebak jalur cerita dalam kedua game ini.

Meskipun masih dapat ditebak, eksekusi jalan cerita selalu membuat penulis kaget dengan plot twist yang ada. Pembawaan alur cerita dalam game – game ini juga sangat mulus meskipun beberapa adegan terlalu dilamakan.

Secara keseluruhan, Ryu ga Gotoku memberikan jalan cerita yang sangat sempurna untuk kedua game ini. Studio ini memang selalu tidak pernah mengecewakan para fansnya untuk jalan cerita setiap game mereka.

Graphic

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 17

Pada versi remasternya, Judgment memberikan pilihan grafis yang luas. Lost Judgment memiliki fitur grafis yang kurang lebih sama. Pemain dapat memilih Extra Low, Low, Medium, High, Extra High, then Custom.

FPS yang dihadirkan juga bervariasi, mulai dari 30 FPS hingga Unlimited. Sementara itu untuk refresh rate, game ini sudah dapat mengoptimalkan hingga 120hz. Penulis memainkan kedua game ini menggunakan GPU GTX1070Ti dan dapat menjalankan game dengan grafis yang indah.

Siang yang Sibuk, Malam yang Aktif

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 18

Suasana game terlihat cukup hidup. Kamurocho merupakan kota yang sangat aktif pada malam hari dan dipenuhi oleh lampu – lampu dari gedung yang menghadirkan berbagai hiburan malam. Meskipun begitu, suasana siang hari pada daerah ini juga tak kalah bagusnya .

Sudut sudut kota yang sepi dan gang sempit yang terlihat mencurigakan hadir dalam game ini. NPC yang berjalan memberikan detil yang sangat bagus dan membantu menghidupkan game.

Ekspresi Wajah yang Hidup

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 19

Ekspresi wajah dalam game ini cukup hidup, namun terkadang terlihat datar. Dalam moment cut scene, ekspresi yang ditampilkan sangat hidup dan seluruh emosi dapat ditampilkan dengan baik. Namun ketika melakukan video call, karakter terlihat datar dan kurang hidup.

Secara keseluruhan, kedua game ini menghadirkan grafis yang cukup khas dengan gaya yang dimiliki oleh Ryu ga Gotoku Studio.

Gameplay

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 20

Berbicara tentang gameplay, Judgment dan Lost Judgment memiliki gameplay yang kurang lebih sama. Keduanya memiliki akar gameplay seperti seri utamanya, Yakuza. Pemain akan mengendalikan 1 karakter dan bertarung secara real time melawan musuh dengan kombinasi serangan yang keren.

Skill Point Sangat Berguna

Pemain dapat meningkatkan skill dengan menukarkan SP (Skill Point) yang didapatkan dari bertarung, mengerjakan misi, maupun kegiatan lainnya. SP tersebut dapat ditukar menjadi Skill untuk bertarung, meningkatkan darah, buff dalam beberapa fitur gameplay, bahkan skill Sosial lainnya yang sangat berguna.

Gaya Bertarung yang Fleksibel

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 21

Untuk judgment, terdapat 2 stance atau gaya bertarung yaitu Tiger dan Crane. Ketika menggunakan Tiger, Karakter akan berfokus dengan serangan yang kuat dan sangat cocok untuk bertarung 1 lawan 1. Sementara untuk Crane sangat cocok untuk melawan musuh yang banyak dengan cepat meskipun memiliki damage yang lebih kecil.

Untuk Lost Judgment, ada 1 stance tambahan yaitu Snake. Gaya bertarung ini lebih berfokus kepada counter dan musuh yang membawa senjata. Pergerakan yang mulus seperti layaknya ular serta mematikan adalah deskripsi yang sangat pas untuk gaya bertarung Snake ini.

Penggunaan gaya bertarung yang ada membuat penulis dapat menyesuaikan permainan ketika bertemu musuh. Penggunaan fitur EX Move juga sangat keren dalam game ini. EX Move sendiri adalah gerakan yang dapat memberikan damage besar dengan animasi yang keren. Namun EX Move membutuhkan EX bar ketika digunakan dan bar tersebut bisa habis dan harus diisi kembali dengan bertarung ataupun menggunakan item.

Menjadi Detektif dan Pengacara Sekaligus!

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 22

Rasanya sudah cukup membicarakan pertarungan dalam game ini. Fitur gameplay lainnya yang tentunya sangat erat dengan detektif adalah mencari informasi dan mengikuti target. Untuk mencari informasi, game ini memberikan fitur yang cukup mudah untuk pemain.

Pemain hanya melihat dan mencari informasi yang diperlukan. Akan tetapi beberapa informasi yang tidak diperlukan dapat meningkatkan SP (Skill Point) pemain. Informasi yang didapat nantinya berguna dalam menyelesaikan misi.

Fitur mengikuti target disini merupakan fitur gameplay yang cukup menarik namun mengesalkan. Pada judgment, pemain mengikuti target dari belakang dan tidak boleh ketahuan oleh target tersebut.

Namun terkadang AI dalam game ini cukup menyebalkan, terutama diakhir dari game pertama. Terkadang AI melakukan pergerakan yang diluar dugaan sehingga terasa cukup sulit menyelesaikannya. Beberapa misi mengikuti target juga terlihat tidak masuk akal dimana target tersebut berkeliling daerah yang sama sebelum berjalan kearah tujuan mereka.

Namun syukurnya, beberapa kejengkelan tersebut telah disempurnakan dalam game Lost Judgment sehingga pemain tidak perlu kesal ketika memainkan sequel dari spin-off ini.

Pemain juga akan mengikuti persidangan dan akan menjadi pengacara di beberapa kesempatan. Perjalanan sidang dalam game ini sangat seru dimana pemain dapat menunjukkan bukti – bukti yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Selain sidang, bukti – bukti tadi juga dapat digunakan ketika melakukan dialog untuk menginterogasi karakter dalam storyline. Meskipun kita mendapat dorongan untuk memilih keputusan yang benar dan mendapatkan bonus SP, akan tetapi game ini tidak menghukum pemain jika memilih pilihan yang salah selain kehilangan bonus SP saja.

Bersosialisasi juga Penting!

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 23

Kegiatan sosial juga menjadi faktor yang membuat suasana kota terasa hidup. Pemain dapat mengunjungi beberapa restoran dan berkenalan dengan orang yang berkaitan dengan restoran tersebut.

Pemain juga dapat berkenalan dengan warga yang berada di Kamurocho. Kebanyakan dari kenalan kita ini memberikan side quest yang menarik dengan reward yang menarik. Tidak hanya reward, para warga tersebut dapat membantu kita dalam pertarungan. Mulai dari memberikan bantuan seperti buff, hingga ikut bertarung.

Selain berkenalan, pemain juga dapat menjalin hubungan asmara dengan beberapa karakter yang ada. Pemain dapat berkencan dan bermain minigames untuk meningkatkan tingkat kedekatan dengan pasangan.

Map yang Tanggung

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 24

Sedikit kekurangan berada pada ukuran map untuk game Judgment. Map pada game ini cukup kecil untuk sandbox namun terlalu besar jika hanya berjalan kaki. Meskipun setiap sudut map memiliki fast travel berbentuk taxi, terkadang butuh waktu yang cukup lama jika kita memiliki misi yang berada di tengah map.

Syukurnya, pada Lost Judgment ada peningkatan dimana pemain dapat menggunakan skateboard untuk berkeliling. Tentunya dengan penambahan fitur ini berkeliling kota menjadi lebih mudah.

Rasanya penulis tidak bosan memainkan game ini dengan fitur – fitur yang cukup menarik ini. Secara keseluruhan, Gameplay yang dihadirkan tidak membosankan. Meskipun pertarungan terkadang terasa berat dengan boss – boss yang cukup.

Kesimpulan

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 25

The Judgment Collection PC merupakan paket game port yang sangat bagus dari Ryu ga Gotoku Studio. Dengan gameplay Action Beat’em Up ala Yakuza yang merupakan spesialis dari studio ini, pertarungan dalam game ini sangat seru.

Tentunya game ini sangat cocok untuk para gamer baik yang telah memainkan seri Yakuza maupun yang belum pernah memainkan seri tersebut sama sekali. Fitur – Fitur menjadi seorang dekektif (dan pengacara) juga memberikan feel yang berbeda dengan seri utamanya.

Meskipun begitu, game ini juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti halnya ukuran map yang cukup tanggung serta ekspresi ketika melakukan video call yang terlihat kaku. Tetapi secara keseluruhan, Judgment dan Lost Judgment merupakan game yang sangat bagus.

Review The Judgment Collection PC — Bukan Sekadar Spin-off Yakuza! 26

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version