[REVIEW] WD_Black D30 Game Drive, Andalan Para Gamer

Wd Black D30 Game Drive

Setelah sebelumnya kami melakukan pengujian terhadap salah satu produk dari Western Digital, kali ini kami berkesempatan untuk mereview produk lainnya. Adalah WD_Black D30 Game Drive yang dapat digunakan pada konsol kesayangan kalian.

Hadirnya produk ini lagi-lagi menekankan bahwa produk Western Digital ini memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan gamers zaman now. Hal ini dapat dibuktikan dengan penggunaan NVMe SSD pada penyimpanan eksternal ini, dibalut dengan warna hitam yang ciptakan kesan eksklusif.

Kecepatan yang ditawarkan pun tidak main-main, termasuk bentuknya yang kokoh, menjadikan penyimpanan eksternal ini dapat diandalkan para gamer. Nah, buat kamu yang penasaran dengan review WD_Black D30 Game Drive ini, yuk check it brott!

Si Kecil Yang Ngebut

Sebagai penyimpanan eksternal, salah satu faktor yang harus diperhatikan tentu adalah kecepatan dan durabilitas yang ditawarkan. Hal ini nampaknya bukan masalah bagi WD_Black D30 Game Drive, karena selain ngebut, ia pun tawarkan bentuk yang cukup solid.

Penyimpanan eksternal yang lebih ideal bila kita sebut dengan Game Drive ini menawarkan fitur kekinian yang memang mengutamakan kecepatan pemrosesan. Dibekali dengan interface USB 3.2 Gen 2, Game Drive ini mampu tawarkan bandwidth sebesar 10Gbps dengan transfer speed 900 MB/s.

Dengan kecepatan ngebut tersebut, hal ini tentu dapat mempermudah gamers ketika memainkan, dan memindahkan game tanpa harus menghapus data sebelumnya. Berkat usung NVMe SSD yang tertanam pada penyimpanan ini, menjadikan WD_Black D30 ini must have buat para gamer.

Simpan Atau Mainkan Gamenya

Berdasarkan informasi dari situs resmi Western Digital, game drive ini dapat menyimpan dan memainkan game PlayStation. Lebih mendetail, kita hanya dapat menyimpan game PS5, namun dapat menyimpan dan memainkan game PS4 langsung dari game drive ini. Sebelum membeli, pastikan kamu untuk membeli game drive yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Hal ini dikarenakan spesifikasi pada interface yang dibutuhkan oleh PS5 untuk dapat menjalankan game dari penyimpanan eskternal yang lebih tinggi. Imbasnya, untuk saat ini bisa dipastikan hampir semua penyimpanan eksternal, termasuk WD_Black D30 ini hanya mampu tampung game saja, brott.

Tawarkan Performa

Untuk mendapatkan kecepata maksimum yang ditawarkan, faktor interface yang mendukung pada perangkat juga harus kamu pertimbangkan. Hal ini dikarenakan penggunaan port interface yang berbeda, akan menghasilkan kecepatan dan hasil yang berbeda pula. Oleh karena itu, kami telah memastikan penggunaan port yang sesuai sebelum pengujian.

Berdasarkan spesifikasi yang telah kita singgung di atas, port interface yang paling optimal adalah USB 3.2 Gen 2. Di atas kertas, hal ini memang memungkinkan kita untuk mendapatkan transfer rate sebesar 10Gbps, atau sekitar 1200 MB/s. Selain itu, perlu ditekankan pula bahwa pada dus-nya pun, tidak dijelaskan apakah 900 MB/s tersebut untuk proses read atau write.

Mengulas WD_Black D30 Game Drive

Review ini kami lakukan dengan melakukan pemindahan file dengan kapasitas kurang lebih 80GB, dan dilakukan antar PS5 dan game drive. Perlu diperhatikan juga bahwa hasil yang didapat mungkin dapat berbeda-beda, tergantung besaran games yang akan dipindahkan atau dimainkan.

Crystal Disk Mark

Dikarenakan PS5 tidak menampilkan kecepatan sebenarnya ketika kami memindahkan games, kami memutuskan untuk mengetesnya pada laptop dengan port yang sesuai. Sebagai informasi tambahan, kami menggunakan Asus ROG GL502VT dengan OS Windows 10 64-bit, dan RAM sebesar 16GB.

Hasil yang didapat terbilang cukup memuaskan untuk sebuah penyimpanan eksternal. Umumnya, penyimpanan eksternal hanya menjual kapasitas, namun WD_Black D30 sangat berbeda, karena menawarkan kecepatan tinggi sekaligus kapasitas besar.

Memindahkan Games? Cepat Kok

Pengujian pertama yang kami lakukan adalah dengan memindahkan dua games yang kami miliki, yaitu Spider-Man dan eFootball 2022. Untuk ukuran masing-masing games dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini ya brott.

Waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan dua games tersebut adalah sekitar 12 menit, cukup ngebut dengan kecepatan yang ditawarkan. Bila dibandingkan dengan hardisk konvensional, game drive tentu dapat memangkas banyak waktu yang terbuang untuk menunggu proses ini.

Main Games? Bisa Banget

Setelahnya, kami coba memainkan Spider-Man melalui game drive ini selama kurang lebih 1 Jam, dan hasilnya pun bisa dibilang memuaskan. Sama sekali tidak ada stutter atau patah-patah, dan suhu pada WD_Black D30 ini pun sama sekali tidak panas. Ini tentu akan sangat berguna bagi para gamer yang ingin memainkan game kesayangannya melalui game drive.

Kami sangat yakin bahwa bahan yang digunakan pada game drive ini dipikirkan sedemikian rupa untuk mengantisipasi panas secara efisien, brott.

Sayangnya, kami tidak bisa melalukan pengujian untuk memainkan game PS5, karena saat ini memang belum ada penyimpanan yang bisa melakukan hal tersebut. Termasuk WD_Black D30, namun bila pun memang ke depannya ada fitur yang memungkinkan hal tersebut, kami merasa game drive ini dapat menjalankannya tanpa masalah.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dari pengujian yang kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa WD_Black D30 ini memang bisa diandalkan. Penyimpanan eksternal ini masih bisa dibilang gesit berkat interface USB 3.2 Gen 2 yang ditawarkan sebagai standar zaman now ini.

Selain itu, memindahkan games yang berukuran besar pun sama sekali bukan masalah bagi game drive ini. Menurut kami, proses pemindahan games terbilang sangat stabil dan menghasilkan kecepatan yang konstan, membuatnya dapat diandalkan.

WD_Black D30 Game Drive yang dibanderol mulai dari 2 Jutaan ini menawarkan harga yang sangat kompetitif loh, brott. Tentu, harga tersebut sebanding dengan performa yang ditawarkan game drive yang ngebut dan solid ini. Selain itu, coverage garansi selama 3 tahun juga layak menjadi pertimbangan tersendiri.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version