Ribuan Player Anthem Memboikot Game Sebagai Bentuk Protes Terhadap Sistematika Loot Drop Yang Jelek

anthem swords select javelins header.jpg.optimal

Anthem telah menghadapi berbagai kritik yang ditujukan langsung kepada mereka sejak dirilis beberapa bulan yang lalu, tetapi terdapat salah satu poin utama yang dimiliki dan dirasakan langsung oleh para playernya yaitu adalah permasalahan loot drop. Banyak yang merasa loot drop yang jatuh terutama mejelang akhir permainan, item yang didapatkan terbilang “sampah” dan membuat masalah yang cukup serius untuk bisa mendapatkan item-item yang berkualitas. Sebuah bug yang terkenal dapat memperbaiki bobroknya loot drop di Anthem sebelum BioWare “memperbaikinya”, dan sekarang para fans meminta bug tersebut untuk kembali saat mereka melakukan boikot tersebut.

Boikot tersebut diketahui dipimpin oleh pengguna Reddit dengan nama Afinda dan meminta player yang kecewa dengan jeleknya loot drop yang ada di game Anthem untuk berhenti memainkan game tersebut mulai hari ini hingga 15 maret nanti. Postingan tersebut pun sontak mendapatkan antusiasme yang besar dari komunitas Anthem di Reddit dan mendapatkan lebih dari 10.000 vote hingga tulisan ini dibuat.

Boikot yang direncanakan ini tidak akan berlangsung terlalu lama, tetapi mereka yang berpartisipasi berharap hal itu akan berhasil. Mereka berharap bahwa meskipun boikot yang hanya direncanakan dalam waktu singkat itu akan sedikit “menyentil” pihak developer Anthem, karena salah satu poin penting yaitu dimana game sangat bergantung pada mikrotransaksi agar dapat mendukung ekonomi kelangsungan game itu sendiri. Gagasan di baliknya adalah bahwa jika lebih sedikit orang yang bermain Anthem, BioWare akan menghasilkan lebih sedikit uang dari game mereka, dan dapat menjadikannya sebagai strategi market untuk bisa membawa pemain kembali.

Apakah boikot ini berhasil atau tidak masih harus kita pantau. Sebagian besar pemain Anthem kemungkinan tidak menyadari bahwa hal itu ada dan hanya akan terus memainkannya seperti biasa. Namun, kemungkinan Anthem masih bisa kehilangan para pemain dalam jumlah besar karena hasil loot drop yang buruk, atau mereka dapat beralih ke game lain, seperti Division 2  yang akan dirlis pada 15 Maret mendatang dan ditujukan untuk audiens yang sama.

Exit mobile version