Rilis Game Buatannya di Torrent, Developer Ini Raih Tambahan 400% Penjualan di Steam

DangerGazersCover

Gamenya bisa mulai laris

Hingga kini, PC adalah platform bermain game yang masih tergolong paling terbuka terhadap dunia pembajakan. Tidak sedikit developer-developer besar yang cukup khawatir dan bahkan malah mencoba sebisa mungkin untuk menghindarkan diri dalam merilis gamenya di sana. Sehingga hal itu pun seolah juga terkesan menjadi momok yang menakutkan bagi para developer-developer yang berskalakan lebih kecil alias Indie.

Namun di satu sisi, tidak jarang ada sebagian pihak yang cukup berani memanfaatkan fenomena pembajakan sebagai cara untuk membuktikan kualitas game mereka di hadapan publik. CD Projekt melalui platform GOG-nya jelas adalah satu pelaku yang sama sekali tidak pernah memusingkan ancaman tersebut dan selalu berupaya untuk menginspirasi dunia industri game agar selalu mengutamakan kualitas produk ketimbang bentuk ego-ego yang lain.

Developer game indie dengan nama ShotX Studio sendiri rupanya sangat memegang teguh prinsip yang sudah lama dianut oleh CD Projekt itu. Melalui indie baru buatannya yang berjudul Danger Gazers, ShotX Studio justru malah memberanikan diri untuk merilis gamenya di tempat yang biasa menjadi sarang bagi para penikmat produk-produk bajakan, yakni Torrent selain bahwa ia juga ikut memasarkannya di platform Steam. Keputusan dari Developer yang hanya beranggotakan seorang ini ternyata malah membawa sebuah rejeki yang cukup bisa ia syukurkan selama berkarir di dunia industri game.

Diwawancarai secara eksklusif oleh pihak Polygon, seorang developer yang diketahui bernama Shota Bobokhidze itu memberikan testimoni yang mengejutkan bahwa hasil penjualan game Danger Gazers buatannya di platform Steam mendadak naik dengan cukup signifikan hingga dalam tingkat 400%. Meski tidak dijelaskan secara rinci kira-kira berapa kisaran jumlah profit yang berhasil ia raup, Bobokhidze menceritakan bila gejala kenaikan tersebut mulai terjadi tepat di saat ia merilis game bergenre roguelike top down ini secara torrent.

Ketika mengunggah Danger Gazers di sana, Bobokhidze memberi deskripsi bila game yang baru rilis pada tanggal 3 Januari kemarin ini merupakan versi lengkap yang sama sekali tidak memiliki fitur Steam ataupun malware di dalamnya. Lalu, ia tak ketinggalan juga ikut mengajak para pemain yang mendownload untuk bersedia membelinya langsung di platform Steam apabila mereka suka.

Dalam kolom review yang bisa kamu lihat dalam halaman Steam game Danger Gazer, game dengan gameplay ala Nuclear Throne (bila kalian tahu) ini berhasil mendapat review yang tergolong positif. Dalam salah satu isi reviewnya, ada sebagian pemain yang ikut mengkonfirmasikan cerita sang developer yang sebelumnya sempat merilis Danger Gazer secara gratis via torrent, dan seolah karena itulah ia tak merasa ragu sedikitpun dalam membeli sekaligus mendukung keberadaan game ini.

Bobokhidze sendiri nampak bisa cukup memahami latar belakang dari munculnya fenomena-fenomena pembajakan di industri game. Dengan masih berbicara kepada pihak Polygon, ia kabarnya juga adalah seseorang yang pernah tumbuh di suatu lingkungan dimana pembajakan merupakan satu-satunya solusi sekaligus barang yang seringkali diakrabi.

Namun si satu sisi, ia ikut menyampaikan sebuah sudut pandang yang menarik bila masih tergolong banyak pemain-pemain bajakan yang dapat memberi kontribusi hanya dengan menyebarkan info dari keberadaan suatu game lewat mulut ke mulut, sosial media, hingga lewat berbagai pemberitahuan apapun kepada para gamer-gamer yang biasa mampu dalam membeli game ori. Dari hal ini, Bobokhidze pun seolah ingin menggarisbawahi kesulitannya dalam membuat para pemain untuk bisa mau peduli terhadap game-game yang bertarafkan non AAA atau indie.

Selain mengenai kenaikan penjualan sebanyak 400%, game Danger Gazer juga ikut mendapatkan jumlah wishlist sebanyak dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Meski gamenya hanya dibanderol dengan harga $9.99 USD atau Rp 70.000 untuk regional price Indonesia, Bobokhidze tidak jarang pulang sering dihibahi sebuah donasi dari para pemain dengan jumlah nilai nominal yang terkadang jauh lebih besar dari harga game buatannya.

Dari hal ini, apakah fenomena pembajakan itu telah menjadi hal yang tidak 100% salah ? Demi keamanan, kami tetap tidak akan memberikan link torrent dari game ini. Karena sebagai gantinya, kalian dapat menonton cuplikan gameplay trailer dari game Danger Gazer berikut melalui video di bawah.

 

Sumber: Polygon, Steam


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version