Rilis Port PC Telat dan Bayar Lagi, Bos Xbox Sindir Komitmen Sony ke Pasar PC

in ,
Phil Spencer

Phil Spencer, bos dari divisi Xbox dikenal akan karakternya yang ramah terhadap kompetitor dalam beberapa tahun terakhir. Namun terkadang demi kesuksesan brand, kamu tetap harus berlagak sombong sedikit.

Lewat pers menjelang E3 yang dilaporkan oleh Gamesindustry, dia secara tidak langsung menyindir strategi baru Sony dalam terjun ke pasar PC. Dia mengatakan bahwa “perusahaan lain” memaksa gamer untuk membayar dua kali untuk versi PC sebuah game yang selang bertahun-tahun dari versi eksklusifnya.

“Saat ini, kami merilis game untuk console, PC dan cloud gaming secara bersamaan. Perusahaan yang lain membawa game consoleke PC bertahun-tahun kemudian, tak hanya mereka memaksa orang untuk membeli hardware lebih awal tetapi juga meminta uang kembali untuk kesempatan kedua bermain di PC. Tentu saja, semua game kami datang di layanan subskripsi dari hari pertama, dan juga dukung cross-platform.”

Tentunya yang dimaksud oleh Spencer ialah strategi Sony yang mulai merambah ke pasar PC dalam satu tahun terakhir. Mereka telah merilis Horizon Zero Dawn dan Days Gone untuk PC setelah bertahun-tahun eksklusif untuk PS4. Mereka juga menjualnya kembali bahkan untuk mereka yang sudah punya versi PS4, sesuatu yang tidak diberlakukan oleh Xbox di bawah pimpinan Phil Spencer.

Horizon Zero Dawn Impact Poster Ps4 Us 07feb17

Microsoft dan Sony miliki strategi yang berbeda dengan koleksi game first-party mereka. Microsoft ingin game mereka menjangkau gamer seluas mungkin dengan merilis game hampir selalu bersamaan di Xbox, PC dan Cloud yang secara finansial sangatlah efektif untuk hasilkan profit secepat mungkin. Sementara Sony pertahankan tradisi dan merilis game mereka lebih dulu di console yang sedang aktif dan jika ada kesempatan baru membawanya ke PC beberapa tahun setelah hype game telah menurun. Hal tersebut untuk memastikan gamer tertarik dengan console dan meningkatkan penjualan hardware, dan port PC hanya ditujukan untuk memancing gamer PC untuk memilih Playstation sebagai console pilihan mereka khususnya saat sekuel dari game yang dibawa ke PC datang.

Dari sudut pandang gamer PC, tentunya kamu akan setuju dengan komentar Spencer, namun lagi-lagi ini hanyalah masalah perbedaan strategi bisnis.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.