Riot Games Buat ISP Sendiri untuk Pengalaman Bermain Valorant Lebih Baik

VALORANT Jett Type 758x426 1
Riot Games jelaskan bagaimana server Valorant bekerja.

Meskipun belum dirilis secara penuh, game tactical hero-shooter Valorant akhir-akhir ini memang menjadi fenomena di Twitch. Terlebih dengan banyaknya pro player dan streamer dari berbagai game shooter yang memainkannya. Sebut saja Pokimane, Seagull, hingga xQcOW.

Memang, saat ini Riot Games selaku developer dan publisher tak membuka server Valorant untuk umum, karena kapasitasnya yang terbatas. Mereka lebih memilih untuk berikan drop acak melalui Twitch. Namun, semuanya dilakukan demi berikanmu pengalaman bermain terbaik yang belum pernah ada di server game shooter lainnya.

Jika kamu melihat bagaimana lancarnya para streamer Twitch memainkan Valorant tanpa adanya delay dari servernya. Maka kamu akan menyadari bahwa servernya diperhatikan dengan sangat baik oleh Riot Games. Hal ini berkat netcode dan server yang mereka gunakan.


Hal ini dijelaskan oleh Technical Engineer Lead, David Straily dan Technical Director, Dave Heironymus. Riot Games pada dasarnya membuat sebuah ISP sendiri yang mereka beri nama Riot Direct agar player dapat dengan mudah memainkannya tanpa kendala koneksi. Straily menjelaskan bahwa ini adalah salah satu awal mula dari investasi Riot Games dan mereka berjanji akan menambahkan banyak lagi di masa datang.

Straily melanjutkan bahwa mereka menggunakan server 128 tick, agar integritas kompetitif yang menjadi visi utama mereka. Dengan server 128 tick, maka informasi yang diberikan player ke server dan kembali ke player lawan akan kurang lebih sama tanpa adanya delay cukup besar.

Jadi, misalnya saja jika kamu menembak musuh dan seharusnya headshot, maka kamu akan tetap dapatkan headshot. Hal ini karena server 128 tick memprosesnya sama persis seperti yang kamu lihat.

Bagaimana server 128 tick mengubah apa yang kamu lihat (merah) dengan apa yang server lihat (biru).

Server 128 tick juga akan memberikan kelancaran tampilan meskipun jaringanmu buruk dengan server smoothing. Jadi, jika umumnya kamu akan melihat animasi berjalan musuh atau rekanmu sedikit tersendat jika jaringan mereka buruk, maka server akan membantu animasinya agar terlihat lancar. Buat semua player yang miliki koneksi rendah atau tinggi sejajar.

Valorant saat ini masih dalam masa beta dan belum miliki tanggal rilis sama sekali, namun dipastikan gamenya akan dirilis musim panas 2020 nanti. Kamu bisa membaca berita lain gamenya seperti bagaimana Riot Games atasi cheater pertamanya saat beta hingga perkenalan Cypher sebagai salah satu hero barunya.


Baca lebih lanjut tentang Valorant, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version