Riot Games Menyelidiki Eksekutifnya yang Menyalahkan George Floyd

Riot Black Live Matter

Kasus pembunuhan George Floyd di tangan seorang polisi, baru-baru ini menuai kritik keras dari berbagai pihak. Masalah ini kemudian menimbulkan protes besar-besar terhadap kasus tersebut. Termasuk adanya kemungkinan kasus tersebut disebabkan kasus rasisme yang sering terjadi pada kelompok kulit hitam yang diwakili George Floyd.

Dilansir dari gameindustry, Riot Games meluncurkan penyelidikan terhadap seorang eksekutif yang baru-baru ini dipekerjakan. Ia menyalahkan dan menuduh George Floyd atas kematiannya di tangan seorang perwira polisi Minneapolis dengan sebuah postingan di media sosialnya.

Menurut perwakilan, posting itu dibuat oleh kepala global produk konsumen Riot, Ron Johnson di Facebook pribadinya, yang terdiri dari gambar George Floyd dengan teks  daftar sejarah kriminalnya, bersama dengan klaim bahwa “Ketika dia terbunuh, dia memiliki kadar tinggi terhadap meth (obat-obatan) bersiap-siap untuk mengendarai mobil dan mungkin membunuh anak Anda. “

Bersamaan dengan gambar itu, Johnson menulis yang berikut: “Ini bukan alasan untuk memaafkan pembunuhannya oleh petugas sama sekali, yang masih perlu diselidiki sebagai potensi kejahatan. Ini adalah kesempatan belajar bagi orang-orang untuk mengajarkan bahwa jenis gaya hidup kriminal ini tidak pernah menghasilkan hal-hal baik terjadi pada Anda atau orang-orang di sekitar Anda. “

Sebagai tanggapan, Riot Games telah mengkonfirmasi kepada Wakil bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan dengan hasilnya diumumkan, meskipun Riot sendiri tidak memberikan tanggapan lebih detail terkait hal tersebut.

“Kami akan mengatakan dengan tegas bahwa sentimen dalam gambar itu menjijikkan, bertentangan dengan nilai-nilai kami, dan secara langsung bertentangan dengan keyakinan kami bahwa mengatasi rasisme sistemik memerlukan perubahan sosial segera, yang kami perincikan dalam komitmen yang kami buat Jumat,” kata Riot.

“Meskipun kami tidak membahas detail penyelidikan kami atau hasil mereka, kami mengikuti proses disiplin kami dengan cermat dan telah menempatkannya cuti sambil menunggu kesimpulannya.”

Johnson dipekerjakan oleh Riot pada awal tahun, setelah sebelumnya bekerja sebagai wakil presiden eksekutif produk konsumen Nickelodeon dan Viacom di Viacom International Media Networks, dan sebagai eksekutif dengan Produk Konsumen Disney.

Hal di atas tentunya merupakan masalah yang cukup besar bagi Riot Games. Apalagi saat ini protes terkait masalah George Floyd sedang gencar-gencarnya. Jika tidak berhati-hati dalam penyelidikan dan pengungkapan hasilnya, ada kemungkinan Riot Games bisa terkena masalah dengan para pendukung aksi protes.


 

Exit mobile version