Riset: Pemain Call of Duty yang Selesaikan Single-Player Campaign Tak Sampai 50%

2015 11 09 00007

Dengan Call of Duty: Black Ops 4 resmi tidak hadir dengan campaign, banyak penggemar setia dari franchise ini merasa kecewa dengan pengumuman reveal yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu. Sekuel keempat dari seri Black Ops ini tak melanjutkan cerita apapun dan 100% fokus pada fitur multiplayer, bahkan mode multiplayer baru kini diperkenalkan yaitu Blackout yang merupakan battle-royale bertemakan Call of Duty. Wajar untuk kecewa melihat Treyarch tinggalkan tradisi Call of Duty untuk tahun ini, namun seberapa banyak yang memang mainkan campaign dari franchise ini?

TrueAchievement melakukan sedikit analisis pada masalah berikut dan dari hasil yang mereka dapatkan, kebanyakan pemain Call of Duty hanya tidak selesaikan campaign dari 13 game yang dirilis saat ini. Sayangnya analisis ini hanya diambil berdasarkan pemain Xbox semata yang menjadi tempat paling banyak franchise ini dimainkan. Situs tersebut mengambil hasil dari SPA (Store Participation Average) yang merupakan jumlah rata-rata achievement para pemain yang berhubungan dengan single-player campaign yang dimiliki game.

Dari hasil yang mereka dapatkan, hanya 20 hingga 30 persen pemain yang benar-benar selesaikan campaign game. Call of Duty 3 menjadi game yang paling banyak diselesaikan pemain, sedangkan seri terakhir yaitu Call of Duty: WW2 memiliki SPA sekitar 28% dan dilaporkan hanya diselesaikan oleh 22% pemain saja yang merupakan angka kecil melihat game tersebut menjadi salah satu game best-selling tahun kemarin. Black Ops III menjadi game dengan SPA terendah yaitu tak sampai 10%. Melihat tingkat produksi yang dilakukan Treyarch pada campaign tersebut menjadi salah satu yang terlihat paling tinggi, mungkin inilah penyebab utama mereka melepas campaign pada seri selanjutnya.

Game populer di Xbox lainnya seperti Battlefield, Halo dan Gears of War juga menghadapi masalah yang sama. Seri-seri terbaru dari game tersebut dilaporkan memiliki jumlah pemain yang tak kalah sedikitnya dalam menyelesaikan single-player campaign, dan kebanyakan pemain langsung meloncat ke mode multiplayer. Melihat jumlah pemain yang semakin menurun dalam bermain campaign, sedikit wajar apabila developer sepenuhnya tinggalkan mode tersebut dan fokus ke multiplayer. Apakah matinya campaign di franchise favorit menjadi kesalahan gamer sendiri? Bisa dikatakan iya melihat dari statistik yang dilaporkan TrueAchievement.

Exit mobile version