Riset Terbaru Menunjukkan Bahwa Video Game Membuat Pemainnya Lebih Baik dalam Menyetir

GT academy

Satu lagi hasil penelitian yang menunjukkan bahwa bermain game dapat memberikan manfaat bagi pemainnya. Berdasarkan dari hasil studi yang dilakukan oleh Departemen Psikologi Universitas Hong Kong, menunjukkan bahwa bermain video game sedikitnya 5 jam mampu mempertajam  kemampuan visiomotor-control atau yang secara sederhana merupakan koordinasi antara mata dan tangan yang digunakan dalam mengemudi.

Untuk mencapai kesimpulan itu, peneliti dari Universitas Hong Kong tersebut menghabiskan 6 bulan riset, dimana orang yang belum pernah bermain game dibagi dalam 2 grup, dimana 1 grup menghabiskan bermain action game selama 5-10 jam per minggu dan grup lainnya tidak. Hasilnya, grup yang menghabiskan waktu untuk bermain game mengemudi lebih baik dalam menjaga mobil mereka tetap di jalur meskipun diterpa angin kencang. Penelitian lainnya juga membagi 2 grup orang yang tidak pernah bermain game, dimana satu grup menghabiskan waktu bermain Mario Kart, sedangkan yang satunya bermain Roller Coaster Tycoon yang notabene adalah game strategi. Dan, hanya dalam waktu 5 jam, grup yang memainkan Mario Kart menunjukkan kontrol visuomotor yang lebih baik.

Penelitian tersebut juga tidak terbatas pada game mengemudi/balapan saja. Namun, untuk game action lainnya seperti FPS juga menghasilkan efek yang serupa dengan game mengemudi. Hanya saja perbedaannya game FPS merupakan latihan yang baik bagi pengemudi berpengalaman yang ingin mengimprovisasi skill mengemudinya agar lebih stabil. Sedangkan bagi orang yang belum memiliki skill mengemudi dianjurkan untuk berlatih dengan game driving. Itulah mengapa para pemenang dari Gran Turismo Academy, yaitu sebuah sekolah mengemudi yang dibuat oleh game Gran Turismo yang bekerja sama dengan Nissan. Dimana para muridnya dilatih untuk menjadi pembalap dengan diawali lewat video game Gran Turismo hingga pada akhirnya berlaga di dalam mobil balap sungguhan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Lalu bagaimana menurutmu tentang hasil penelitian ini? Apakah kamu yang gemar bermain game balapan juga mendapatkan efek positif yang sama? Yang pasti game mungkin memang memberikan manfaat kepada kita. Selama kita juga bijak dan tidak berlebihan dalam bermainnya. Ingat, sesuatu yang berlebihan akan menjadi tidak baik.

sumber: newatlas

Exit mobile version