Rivercraft – World Baru Minecraft yang Ajarkan Anak Bahaya Banjir dan Perubahan Iklim

Rivercraft Minecraft

Rivercraft Minecraft

Tidak banyak orang yang berpendapat bahwa video game dapat dijadikan sarana edukasi. Terlebih lagi jika game tersebut miliki pesan positif tentang pemeliharaan lingkungan sekitar atau perubahan iklim. Dan berbicara tentang itu, Minecraft baru saja rilis world baru bernama “Rivercraft“.

Rivercraft tidak hanya hadir sebagai world menyenangkan untuk para pemainnya. World ini membantu ajarkan anak – anak tentang efek negatif dari banjir serta perubahan iklim. Memilki tiga games yang membantu anak – anak paham akan masalah lingkungan dengan mengelola banjir, pencegahannya, dan perawatan lingkungan.

Rivercraft Menjadi Sarana Pendidikan Untuk Pemain Muda Minecraft Tentang Dampak Negatif dari Banjir dan Perubahan Iklim

Rivercraft - World Baru Minecraft yang Ajarkan Anak Bahaya Banjir dan Perubahan Iklim 3

Sebagai video game terbesar yang bertahan selama beberapa dekade, tentunya tidak mengejutkan apabila Minecraft berhasil berkembang sebagai alat edukasi. Terlebih lagi dengan fakta bahwa pemainnya kebanyakan masih berusia muda.

Justin Edwards, sebagai Director Program Pembelajaran game ini, melihat bahwa anak – anak akan lebih mudah terikat dengan pelajaran dan menambah wawasan mereka apabila berada di lingkungan tempat ia hidup. Di sanalah Minecraft memanfaatkan situasi dengan meluncurkan Rivercraft.

Mereka belajar tentang banjir, dan mereka paham akan pencegahannya. Tentunya memperluas wawasan mereka tentang lingkungan dimana ia tinggal,” Ungkapnya. Rivercraft merupakan hasil kolaborasi dengan badan lingkungan nirlaba dan organisasi keterlibatan pemuda digital BlockBuilders.

Rivercraft - World Baru Minecraft yang Ajarkan Anak Bahaya Banjir dan Perubahan Iklim 4

Ia menambahkan,”Ini mengajarkan anak – anak tentang keterampilan lingkungan, mekanisme banjir dan perlindungannya. Selain itu, juga mengajarkan anak tentang manajemen, kerjasama tim, konsep teknik, dan komunikasi dengan orang lain di manapun ia berada.”

Belum lagi orang – orang sudah mulai sadar akan perubahan iklim yang tak biasa. Tak sedikit juga studio game berdonasi untuk hal – hal bermanfaat terkait isu dunia seperti COVID-19 atau topik lain yang menyangkut planet ini.

Rivercraft tersedia di Minecraft Education Edition yang bisa kamu mainkan di platform PC, Playstation 4, Switch dan Xbox One.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version