Robert Kurvitz, Writer Disco Elysium Ajukan Gugatan ke ZA/UM Studio

Disco Elysium

Baru – baru ini, industri game dikejutkan dengan writer Disco Elysium, Robert Kurvitz mengajukan gugatan ke ZA/UM Studio, publisher yang membesarkan namanya lewat game Disco Elysium. Melansir dari Kotaku AU, lewat perusahaan yang ia dirikan bernama Telomer, Kurvitz telah mengirim dokumen ke situs resmi Kementerian Kehakiman Estonia untuk dimintai keterangan lainnya terkait hal tersebut.

Seputar Tentang Kreator Disco Elysium Ajukan Gugatan ke ZA/UM

Kreator Disco Elysium, Kurvitz Ajukan Gugatan ke ZA/UM

Kabar ini muncul setelah Martin Luiga, founder ZA/UM studio mengatakan bahwa kemungkinan sekuel game tampaknya tidak akan pernah terjadi. Hal ini karena Kurvitz (lead developer, writer), Helen Hindpere (writer), dan Aleksander Rostov (art director) dikabarkan keluar dari ZA/UM karena sebuah masalah.

Entitas bisnis studio developer ZA/UM studio terpisah dari gerakan anti budaya artistik ZA/UM Estonia. Game ini sendiri diambil dari dunia melalui buku Kurvitz berjudul “The Sacred and Terrible Air” serta dunia D&D khusus yang sudah berjalan lama sebelum ZA/UM mengambil alih.

Dari sini, besar kemungkinan gugatan yang diajukan Kurvitz berkaitan dengan pengambilan alih IP game. Namun, hal ini masihlah sebuah asumsi, mengingat belum ada informasi jelas terkait gugatan apa yang dilayangkan Telomer terhadap ZA/UM studio.

Adanya Perbedaan Pendapat antara Kurvitz dengan Perusahaan

Kurvitz dituduh ciptakan lingkungan kerja yang toxic

Melalui sebuah interview, Luiga menjelaskan bahwa kreator Disco Elysium tersebut dan anggotanya lainnya dipecat karena “perbedaan pendapat” disusul dengan blog aneh via Medium yang ia terbitkan tanggal 15 Oktober lalu. Dalam blog tersebut, ia mengklaim bahwa Robert Kurvitz dipecat karena coba ciptakan lingkungan kerja yang toxic. Hingga artikel ini ditulis, masih belum ada konfirmasi lanjut apakah tuduhan tersebut benar atau hanya alasan dari perusahaan saja.

Setelah keluarnya ketiga orang tersebut, melansir dari Rock Paper Shotgun, disebutkan bahwa ZAUM UK LTD ternyata telah melakukan banyak restrukturisasi di bulan Maret tahun lalu dan menunjuk Ilmur Kompus sebagai direktur baru. Selain itu, Kompus juga diketahui membuat perusahaan baru ZAUM STUDIO LTD yang baru didirikan sepuluh hari lalu.

Tidak dijelaskan apa tujuan Kompus mendirikan perusahaan baru tersebut, namun ini bisa menjadi gambaran puncak masalah Kurvitz dan anggota lainnya keluar dari pengembangan game Disco Elysium. Meski begitu, ZA/UM sempat merespon bahwa mereka sedang berfokus dengan proyek berikutnya, mengingat Disco Elysium adalah permulaan akan game selanjutnya yang sedang mereka kembangkan kini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version