Rockstar Patenkan Teknologi NPC Baru, Kemungkinan Digunakan untuk GTA Selanjutnya

in , , ,
4af84ffce74056e44702c7377afa85ba

Rockstar dilaporkan telah patenkan teknologi baru untuk navigasi dan tingkah laku AI terhadap lingkungan virtual game. Teknologi ini akan diaplikasikan pada proyek game mereka selanjutnya karena solusi AI sekarang sudah mulai “outdated” bagi mereka.

Komunitas Reddit menemukan keberadaan paten ini beberapa hari lalu, namun dokumen telah diajukan oleh perusahaan induk Take-Two sejak Oktober 2020.

Pada dokumen tersebut, disebutkan bahwa sistem yang ada sekarang masih sangat terbatas dalam membuat NPC terlihat organik. Mereka hanya mengikuti apa yang script lakukan dalam kondisi yang terbatas seperti berjalan kaki sana-sini, mengemudi dengan kecepatan yang sama, dan perilaku monoton lainnya.

Rockstar ingin sistem baru ini membuat AI dapat bereaksi lebih pintar, variatif dan organik terhadap lingkungan game. Contoh yang mereka berikan ialah memberikan tiap NPC akan miliki kepribadian masing-masing, maka mereka bisa saja lewati lampu merah dengan sengaja atau bahkan sebaliknya dimana mereka mengendarai mobil begitu pelan karena tidak percaya diri.

2716398 Rsg Gtav Ng Screenshot 112 97811

Tidak ada GTA 6 disebutkan dalam paten tersebut, namun yang membuat orang yakin bahwa teknologi ini akan digunakan pada game tersebut ialah referensi seperti “high-speed chase“, “ambient traffic” dan membuat netizen yakin jika ini untuk GTA selanjutnya atau setidaknya game dengan latar modern.

GTA 6 belum dikonfirmasi dan bahkan belum tentu sedang dalam produksi oleh Rockstar, tapi melihat kesuksesan seri ini, suatu hal mustahil untuk game keenam tidak meluncur kedepannya. Rockstar ialah studio yang selalu ambisius dalam proyek game mereka, maka mungkin game keenam ini akan datang dalam waktu lama.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.