RTX 3060 Tambah Populer, GTX 1060 Masih Menjadi Kartu Grafis Paling Rame

rtx 3050 tambah populer

RTX 3060 – Perlahan tapi pasti, posisi GTX 1060 sebagai raja kartu grafis mainstream sepertinya mulai terancam. Beberapa waktu yang lalu, posisi tersebut memang tidak tergoyahkan sebagai kartu grafis yang masih lumayan sanggup untuk memainkan game-game modern.

RTX 3060 Tambah Populer dan Mengancam Posisi Sang Raja

Sungguh sebuah keajaiban kartu grafis berumur 6 tahun masih menjadi primadona di kalangan gamer mainstream. Namun kesuksesan tersebut tampaknya sudah tinggal menunggu waktu saja.

Pasalnya dalam Steam Hardware Survey (SHS) bulan September menunjukkan kenaikan yang lumayan signifikan untuk kartu grafis RTX 3060, lini pengganti arsitektur Pascal ini mencuat sekitar 0,28% dan 0,65% untuk varian desktop dan laptop.

Angka-angka ini jika digabungkan menjadi persentase peningkatan tertinggi untuk bulan September, jauh meninggalkan GTX 1060 yang hanya meningkat 0,35% dari bulan sebelumnya.

Angka tersebut terlihat signifikan mengingat kartu grafis dua generasi sebelumnya tidak dibagi berdasarkan form factor. Sehingga total kenaikan persentase kartu grafis ini jika digabung varian desktop dan mobile hampir mencapai 1 persen. Ditambah lagi GTX 1060 juga menyatukan varian 3gb dan 6gb di survei SHS.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Kondisi ini bisa diasumsikan dari penurunan harga RTX 3060 di berbagai marketplace atas imbas jatuhnya cryptocurrency dan Ethereum yang berganti model dari proof of work ke proof of stake. Hasilnya banyak miner yang menjual mining rig mereka dan membanjiri pasar dengan kartu grafis seri RTX maupun Radeon.

RTX 4000 Masih Bukan Ancaman untuk Beberapa Waktu Kedepan

Jensen Huang CEO NVIDIA perkenalkan RTX 4090

NVIDIA memang baru saja mengumumkan kartu grafis pengganti Ampere di event GTC September 2022 lalu. Meski begitu, hanya varian flagship mereka yang akan hadir akhir tahun ini yakni RTX 4090 dan RTX 4080.

Tidak sedikit pula yang menganggap kedua kartu grafis itu kemahalan dan NVIDIA harusnya menamai RTX 4080 varian 12gb menjadi RTX 4070. Alhasil, dengan harga yang tidak masuk akal itu, kita mungkin masih akan melihat tren GTX 1060 nangkring di posisi teratas untuk beberapa waktu ke depan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait NVIDIA RTX atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version