[OPINI] RTX 3060 vs RTX 4060 vs RX 7600, Mana yang Cocok untuk Gamer?

Rtx 3060 Vs Rtx 4060 Vs Rx 7600

RTX 3060 vs RTX 4060 vs RX 7600 – Bisa dikatakan ketiganya merupakan trio kartu grafis atau VGA yang menjadi rekomendasi terbaik di kalangan gamer. Namun, tentunya tidak semua kartu grafis atau yang akrab disebut VGA atau GPU tersebut akan cocok untuk memenuhi kebutuhan gamer yang tidak bisa disamaratakan.

Mungkin di antara kalian ada yang sudah terlanjur membeli RTX 3000, dan kini makin banyak saja pilihan yang bisa kalian beli, entah itu RTX 4000, maupun RX 7000 yang konon dikatakan lebih mumpuni untuk penuhi kebutuhan gaming kalian, namun masih saja ada yang memberikan komentar negatif.

Komentar semacam “kenapa gak sekalian RTX 3060/RTX 4060/RX 7600 sekalian?” dan komentar lainnya yang tidak kalah menyebalkan. Padahal, kita sudah susah payah menabung dan menyisihkan income atau uang saku, tapi malah dijejali komentar yang ‘membangun’ tersebut.

Namun, di sini penulis tidak akan membahas hal tersebut, melainkan hanya akan memberikan opini terkait trio GPU yang menjadi patokan khususnya untuk para gamer, supaya tidak merasa sesal karena salah beli.

Disclaimer:

Artikel berupa opini ini dibuat berdasarkan pengamatan penulis terhadap komunitas yang gunakan trio GPU tersebut di media sosial, namun akan dikhususkan untuk menjalankan game.

RTX 3060 vs RTX 4060 vs RX 7600, Trio Kartu Grafis Mid-Range Terbaik Saat Ini?

Di sebuah komunitas yang membahas PC, terdapat tiga kandidat GPU yang menjadi sorotan atau perhatian para perakit PC. Di antaranya adalah NVIDIA RTX 3060, NVIDIA RTX 4060, dan AMD RX 7600 yang menariknya ketiganya memiliki rentang harga yang relatif mirip, hanya selisih ratusan ribu saja. Namun, gimana dengan performanya?

RTX 3060 Si ‘Paling Rekomendasi’

3060 FE

Penulis contohkan, saat ini tidak dapat dipungkiri 3060 adalah salah satu yang terbanyak dan direkomendasikan oleh para ‘sepuh’ di komunitas perakit PC berkat harganya yang saat ini mulai terjangkau di 3-4 Jutaan Rupiah saja.

Walau sebagian toko masih ada yang menjualnya di kisaran 5 Jutaan atau bahkan mungkin lebih, namun tetap saja kebanyakan harga pasaran untuk 3060 sudah berada di kisaran yang tentunya menjangkau para budget gamer.

Untuk performanya juga tidak main-main loh, brott. GPU ini bahkan bisa melibas semua game terkini pada resolusi 1080P dengan pengaturan yang disesuaikan, dan dengan konsumsi daya yang tidak terlalu besar pula di kisaran 170-200W saja.

Dengan performa yang ditawarkannya, tidaklah heran bila melihat 3060 menjadi salah satu pilihan terbaik untuk para gamer yang memiliki dana untuk upgrade pada komputernya. Setidaknya, bila berdasarkan benchmark, kemampuannya tidak usah diragukan dan masih bisa diadu dari kartu grafis generasi sebelumnya yang lebih kuat.

RTX 4060 Si ‘Paling DLSS3’

4060 FE

Contoh lain yang juga tidak kalah menarik dan hangat menjadi bahan rekomendasi dari gamer untuk para gamer adalah 4060. Walau angka belakangnya masih sama-sama ‘60’, namun GPU yang meluncur dua bulan silam ini menawarkan performa dan fitur yang tidak kalah menarik untuk para gamer.

Untuk harganya sendiri kebanyakan masih ada di kisaran 4 Jutaan, walau lebih dominan di atas 5 Jutaan Rupiah. Walau sedikit lebih mahal ketimbang generasi terdahulu, namun tampaknya gamer tidak akan mempermasalahkan hal tersebut bila fitur terbaru mampu memberikan jaminan FPS.

Walau hanya GPU dengan akhiran ‘60’, namun berkat fitur DLSS3 yang konon katanya akan menawarkan kemampuan olah visual lebih baik dari DLSS2. NVIDIA juga sempat klaim bahwa fitur ini adalah fitur yang dinanti oleh para gamer saat ini.

Berkat semua kelebihan dan fitur yang ditawarkannya, tidaklah heran bila 4060 juga tidak kalah direkomendasikan, terlebih bila kamu merupakan gamer merangkap konten kreator yang harus menyelesaikan bermacam konten secara lebih efisien.

RX 7600 Si ‘Paling Gaming’

7600 FE

Contoh terakhir yang akan penulis dari komparasi trio kartu grafis ini adalah RX 7600 yang konon dikatakan akan menjadi solusi terbaik untuk para gamer. Tentunya dengan catatan tidak ada masalah pada driver atau mungkin masalah lainnya yang memang menakut-nakuti para gamer untuk melirik kubu merah.

Salah satu alasan mengapa 7600 kami juluki si ‘Paling Gaming’ ini bukannya tanpa alasan loh, brott. Walau memorinya hanya 8GB, namun kemampuan dari 7600 ternyata tidak bisa kita remehkan. Ditambah pula banderol harganya yang ada di kisaran 4 Jutaan Rupiah, menjadikannya salah satu opsi terbaik untuk para gamer.

Kelebihan lain dari 7600 terletak pada AV1 encoding yang akan memberikan para gamer yang memilih komponen kubu merah AMD untuk dapat hasilkan livestream yang lebih berkualitas.

Rival dari NVIDIA RTX 4000 ini tampaknya dirancang sedemikian rupa untuk menjalankan bermacam game pada resolusi 1080P dan sedikit content creation, memberikan para gamer keleluasaan untuk memainkan game sembari live.

Jadi, VGA Mana yang Lebih Ideal untuk Gamer?

Mencari GPU yang ideal untuk gamer, gampang-gampang susah!

Setelah kalian membaca ringkasan singkat antara trio GPU di atas, tentunya kalian akan kembali dihadapkan dengan fakta di mana kalian tetap harus mencari GPU mana yang sekiranya lebih ideal untuk digunakan oleh para gamer.

Walau kebutuhan gamer mayoritas memang untuk memainkan game, namun tetap saja kita tidak boleh melupakan faktor lain, semacam untuk kebutuhan pembuatan konten semacam edit video dan live stream.

Berdasarkan pengamatan penulis, kalian bisa gunakan GPU NVIDIA RTX bila kalian menginginkan GPU tanpa masalah driver yang tentu saja menyebalkan terjadi, terlebih bila terjadi saat kita memainkan game, kompetitif pula.

Lain halnya kartu grafis berbasis AMD, yang senantiasa direkomendasikan bila kalian hanya murni gunakan komputer kalian untuk main game saja, tanpa kebutuhan kreatif. Walau kubu merah memang telah memperkenalkan AV1 encode, namun masih belum jelas bagaimana implementasinya di dunia nyata.

Jadi, itulah dia hal yang harus kalian perhatikan dari RTX 3060 vs RTX 4060 vs RX 7600 yang senantiasa menjadi bahan perbincangan hangat saat kalian akan merakit PC. Semoga opini ini setidaknya bisa mencerahkan kalian yah, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version