Edan! RTX 4090 Butuh 1200W Power Supply

RTX 4090 Butuh 1200W Power Supply

RTX 4090 Butuh 1200W Power – Beberapa waktu yang lalu NVIDIA baru saja mengumumkan kartu grafis terbaru mereka, yaitu RTX 4090. Spesifikasi dan kemampuannya pun telah diumumkan juga kepada publik. Namun bagaimana dengan daya yang diperlukan pada kartu grafis ini?

RTX 4090 Butuh 1200W Power Supply

Memang banyak yang sudah menyangka flagship ini akan memiliki daya besar. Namun ternyata kartu grafis ini butuh PSU bertenaga 1200W benar-benar hal diluar dugaan banyak orang. Padahal standar rekomendasi yang dikeluarkan NVIDIA hanya mentok di 850W.

Beberapa produsen AIB alias add-in-board malah mematok PSU bertenaga 1000W dan 1200W sebagai rekomendasi minimal. Mungkin kita sepertinya harus menunggu tim biru merilis flagship yang mampu bersaing tanpa membuat tagihan listrik membengkak.

Ada 2 Macam Model dengan Daya Berbeda

Kartu grafis terbaru dari NVIDIA

Dilansir dari situs Tom’s Hardware, beberapa produsen kartu grafis ternama seperti Asus, Gigabyte Aorus dan Zotac mematok minimal rekomendasi power supply di 1000W untuk varian ROG Strix OC, Aorus RTX 4090 Master, dan Zotac RTX 4090 AMP Extreme Trinity.

Sedangkan MSI, PNY, Galax, dan Inno3D tetap menggunakan referensi dari NVIDIA di 850W. Adapun modelnya adalah MSI RTX 4090 Suprim X dan Suprim Liquid X, PNY RTX 4090 Verto Epic-X, Galax RTX 4090 SG dan ST, serta Inno3D RTX 4090 X3 OC iChill Black.

Satu-satunya yang membutuhkan PSU 1200W datang dari merk Palit untuk varian GameRock OC. Sejauh ini memang belum ada kartu grafis yang memakan daya sebesar ini dan Palit juga tidak menjelaskan mengapa kartu grafis RTX 4090 miliknya membutuhkan daya setinggi itu.

Alasan Kenapa Membutuhkan Daya yang Besar

Pastikan tidak salah pilih power supply

Alasan yang paling masuk akal adalah test yang mereka gunakan memakai CPU Intel i9-12900K yang sudah di-overclock dan pihak Palit merasa 1200W baru cukup untuk menenagai kedua komponen utama pada PC tersebut.

Terlepas dari berapa pun minimal rekomendasi Watt yang dibutuhkan, memilih power supply yang berkualitas tetap menjadi prioritas utama. Terlebih untuk kartu grafis kelas flagship punya batas bawah wattage yang tinggi. Pilihan terbaik adalah gunakan power supply minimal memiliki sertifikasi 80+ Gold dan hindari merk yang tidak terkenal.

Selalu untuk riset terlebih dahulu mengingat tidak semua power supply diciptakan setara. Kalian bisa menanyakan ke komunitas atau teman kalian sebelum berkomitmen membeli buat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ya. Memang tidak semua butuh kartu grafis terkencang di pasaran, buktinya kartu grafis kelas entry seperti GTX 1060 juga masih laku.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait TECH atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version