Kembalikan $4 Juta Karena Steam Refund, Developer Rust Tidak Emosi

in

Steam refunds menjadi salah sesuatu yang disyukuri pengguna Steam namun sering ditolak oleh developer. Lewat layanan ini pemain diperbolehkan mengembalikan game yang dimainkan dibawah 2 jam dalam waktu 14 hari setelah pembelian selama alasannya logis seperti game tak berjalan lancar di PC miliknya ataupun game tak sesuai ekspektasi. Sistem ini tentunya membuat uang yang masuk ke kantong developer tak 100% selamanya di kantong mereka. Bayangkan jika kamu rugi hingga $4 juta karena layanan ini, apakah kamu akan ngamuk atau terima dengan santai seperti yang dilakukan Garry Newman ini?

Garry Newman, kreator dari Garry’s Mod dan developer dari Facepunch Studios lewat Twitternya umumkan jika game survival buatannya yang masih di early access yaitu Rust telah di-refund sebanyak 329.970 kali. Dari jumlah refund sebanyak ini dia rugi hingga $4.382.032.

https://twitter.com/garrynewman/status/880154963334365185?ref_src=twsrc%5Etfw&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.pcgamesn.com%2Frust%2Frust-refund-stats-sales-numbers

Dilansir dari PCgamesn, Garry Newman ungkapkan alasan terbanyak kenapa orang refund game ini adalah “karena tidak menyenangkan”, alasan yang juga banyak dituliskan oleh banyak pemain Gmod yang melakukan refund pada game tersebut. Alasan lain yang sering dipakai selain itu adalah karena “performa game yang tak lancar”.

Meskipun rugi cukup banyak, Garry Newman mengungkapkan dirinya tak keberatan dan bisa mengerti alasan dibalik banyaknya refund tersebut. Rust dianggapnya memang tak ramah untuk pemain baru dan banyak mekanik di game yang butuh waktu untuk dimengerti dan tak semua pemain sabar akan game seperti ini.

Garry juga sebut Steam refund sebagai layanan yang bagus. Dia mengerti jika layanan ini banyak dipakai layaknya demo bagi pemain sebelum mengambil keputusan apakah game cocok untuknya atau tidak. Menurutnya sistem ini pada kedepannya akan membawa lebih banyak calon konsumen baru daripada merugikan developer.

Source: PCgamesn

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.