RUMOR: AMD RX 680 Mungkin Akan Segera Diumumkan Beberapa Bulan Kedepan, Segini Peningkatan Performanya

thumbnail

AMD nampaknya sudah bersiap-siap untuk berinovasi kembali. Setelah beberapa waktu yang lalu mereka merilis Radeon 400 series dan juga Radeon 500 series dengan arsitektur Polaris 14nm, rumornya mereka akan segera mengumumkan secara resmi line up GPU baru yang menggunakan arsitektur terbaru menggunakan arsitektur 12nm pada bulan November ini.

Rumor ini dilaporkan oleh sebuah website bernama fudzilla, yang mengaku mendapatkannya dari sumber yang tidak diketahui. Rumor ini pertama kali dihembuskan oleh website china seperti Chiphell PC Online yang mengatakan generasi terbaru akan rilis pada bulan oktober. Meski begitu sumber dari Fudzilla yaking bahwa line up terbaru AMD tersebut baru akan diumumkan November nanti.

Source: WCCFTECH (RUMOR: AMD Radeon Polaris 30 GPU Based On 12nm FinFET Node Gearing Up For Launch)

Arsitektur terbaru tersebut juga kabarnya akan dinamai Polaris 30, dan juga masing-masing line up kemungkinan akan memiliki perbedaan 1 digit menjadi 680/670. Meski begitu informasi ini tidak bisa dijadikan patokan sama sekali, karena memang produk belum dirilis sehingga masih bisa berubah.

Website tersebut juga menyebutkan bahwa perbedaan performa Polaris terbaru ini akan mencapai 10-15% peningkatan performa dibandingkan 500 series. Namun fitur-fiturnya tetap tidak akan banyak berbeda (tidak merubah menjadi GDDR6), meski begitu angka fabrikasi 12nm tentu akan membuat GPU lebih efisien. Apabila Rumor ini benar maka Posisi GTX 1060 sebagai mid level graphic cards akan kembali memiliki pesaing. Mengingat NVIDIA yang saat ini tengah menggodok dengan matang teknologi RTX terbaru mereka, langkah AMD satu ini bisa dibilang cukup bersaing.

Source: Fudzilla

Exit mobile version