[Rumor] Apple Rencanakan Rilis iPhone 15 eSIM Diluar AS, Indonesia Menyusul?

Iphone 15 Esim

Perubahan radikal adalah hal biasa yang dilakukan oleh raksasa teknologi sekelas Apple. Mereka memang terkenal menjadi trendsetter di dunia smartphone dan seringkali kebijakan Apple ini diikuti oleh produsen smartphone lainnya.

Contoh paling barunya adalah dihilangkan box kepala charger dari paket pembelian iPhone. Alhasil seperti yang kita tahu produsen smartphone Android juga mengikuti jejak Apple yaitu Samsung. Apple juga rilis fitur bernama Dynamic Island di iPhone 15 Pro varian dan sejauh ini sudah ada satu merk Android yang mengadopsi fitur yang mirip-mirip.

iPhone 15 eSIM Akan Hadir Diluar AS, Pertanda Kiamat SIM Fisik?

Elektronik SIM akan mulai dihilangkan Apple untuk unit global

Jika ada hal yang akan dipangkas Apple kedepannya, prediksi paling barunya adalah dihilangkan slot kartu SIM fisik di iPhone tahun ini nantinya dan digantikan dengan eSIM. Memang Apple sudah melakukan pergerakan ini di iPhone 14 namun hanya sebatas untuk unit AS saja. 

Namun rumor terbaru tampaknya merujuk jika Apple bermaksud untuk membawa fitur eSIM keluar AS dan tidak menutup kemungkinan akan hadir secara global. Menurut MacRumors, Apple sepertinya akan merilis iPhone 15 eSIM di Perancis. Yang berarti perangkat tersebut hanya mengandalkan koneksi seluler secara eSIM saja.

Hadir di Eropa, Selanjutnya Global?

Cara aktivasi

Mengingat Apple biasanya tidak membeda-bedakan iPhone yang dirilis di Eropa, kemungkinan besarnya seluruh negara dalam kawasan Uni Eropa akan mendapatkan varian tanpa SIM fisik. Menurut Apple sendiri ketika mereka akan mengadopsi fitur SIM digital ini tahun lalu, fitur ini diklaim lebih aman dibanding SIM fisik dikarenakan secara fisik tidak bisa dicopot dari smartphone bisa terjadi kejadian kemalingan.

Cepat lambat akan hadir di Indonesia

Apple juga menyediakan slot 8 eSIM dalam satu unit iPhone jadi pengguna tidak perlu lagi melakukan bongkar pasang SIM seperti pada smartphone konvensional. Perubahan ini tampaknya cepat atau lambat akan masuk ke unit Indonesia. Walau belum tahu pasti kapan, setidaknya akan terjadi secara bertahap mengingat Indonesia saja tidak semua provider menyediakan fitur ini dan baru sebatas beberapa saja.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version