Rumor dan Bocoran Spesifikasi NVIDIA RTX 5000 Series Mulai Mengemuka

Nvidia Rtx 5000 Series

Belum setahun semenjak VGA kubu hijau dengan codename Ada Lovelace meluncur, kini kami mendapati adanya bocoran dari generasi penerusnya, NVIDIA RTX 5000 Series yang konon katanya akan menyambangi dunia komputer setidaknya satu tahun dari saat ini. Kira-kira, gimana ya bocoran spesifikasinya? Yuk, kita ulik barengan!

Masih Rumor, Ini Dia Bocoran Spesifikasi NVIDIA RTX 5000 Series

Informasi terkait rumor dan bocoran spesifikasi NVIDIA RTX 5000 Series ini kami ulik dari salah satu kanal YouTube yang mungkin sudah kalian kenal sebelumnya, yakni Moore’s Law Is Dead yang lebih dikenal dengan MLID.

Potret kenyataan saat ini, Sumber: YouTube

Melalui video terbaru yang ia upload baru-baru ini, MLID tampak membocorkan spesifikasi inti yang sekiranya bisa jadi patokan dari VGA anyar kubu hijau yang konon akan diberi codename Blackwell tersebut, yang tentu saja diambil dari nama ilmuwan, fisikawan, dan matematikawan.

Di mana VGA NVIDIA RTX 5000 Series ini bakal diberi nomor seri GB102, yang rencananya akan diperkenalkan paling cepat mulai tahun 2024. Informasi tersebut diperkuat oleh bocoran dari seorang leaker yang tentunya cukup dikenal soal bocoran tekno terkini, yaitu Kopite7Kimi yang telah dicuit pada bulan Juli tahun 2022.

NVIDIA ‘Blackwell’ sudah dibocorkan dari tahun lalu

Untuk bocoran spesifikasinya, kanal YouTube RedGamingTech membocorkan inilah spek yang kemungkinan bakal dibawa VGA penerus Ada Lovelace:

Memborong banyak spek futuristik

Namun, harus ditekankan bocoran tersebut masih sebatas rumor yang tidak dapat kami pastikan kebenaran datanya. Jadi, akan lebih baik untuk tak terlalu gegabah dan menelan informasi yang kalian temukan di internet mentah-mentah supaya tidak menyesal di kemudian hari ya, brott.

Bakal Dipersenjatai dengan GDDR7

VGA baru kubu hijau, NVIDIA RTX 5000 Series tampaknya bakal dipersenjatai dengan memori yang lebih cepat dan tentunya kuat, GDDR7. Di atas kertas, kemampuan dari memori GDDR7 jelas di atas kemampuan rerata GDDR6X, termasuk soal efisiensi daya yang tak jarang jadi sorotan para gamer.

Standar memori terbaru untuk temani VGA next-gen

Perihal memori GDDR7 tersebut telah dikembangkan semenjak akhir tahun lalu oleh Samsung, yang artinya sudah lewat empat bulan. Tidak menutup kemungkinan kapasitas VRAM bakal meningkat karena efisiensi VGA yang seharusnya lebih optimal.

Namun, kembali leaker Kopite7Kimi menegaskan bahwasanya rumor terkait RTX 5000 Series ini lebih baik cukup dijadikan referensi saja, karena masih terlalu awal untuk mendiagnosa kemampuan dari VGA Blackwell yang direncanakan akan meluncur pada tahun 2024 tersebut.

Bakal dipersenjatai memory interface yang masif

Ia menutup cuitan tersebut dengan memperkirakan VGA tersebut akan dibekali memory interface 512-bit yang tentunya jauh di atas RTX 4090 Ti yang hanya dipersenjatai memory interface 384-bit.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version