[RUMOR] Ingin Atasi Kelangkaan GPU, NVIDIA Akan Merilis RTX 2060 12GB

Nvidia Rtx 2060 12gb

Siapa sangka harga GPU akan kembali merangkak naik setelah sebelumnya sempat turun? Problematika yang seakan tidak ada habisnya ini agaknya masih dikarenakan tren cryptocurrency yang masih naik daun. Hal tersebut menyebabkan tingginya harga untuk sebuah GPU, sehingga sebagian orang akan berpikir beberapa kali untuk membelinya.

Langkah Cepat NVIDIA

Seperti yang diberitakan dari Wccftech, NVIDIA dikabarkan tengah mempersiapkan versi terbaru dari GPU RTX generasi pertamanya, yaitu RTX 2060 12GB. Berbeda dibanding pendahulunya, GPU teranyar mereka kini dibekali dengan kapasitas memory dua kali lipat untuk memenuhi ekspektasi gamer.

NVIDIA yang berencana memproduksi GPU RTX 2060 ini dikatakan untuk atasi kelangkaan GPU, dan siap untuk didistribusikan pada tahun 2022. Hal ini berbeda dari apa yang sebelumnya diinformasikan oleh CEO NVIDIA terkait kelangkaan GPU yang masih akan berlangsung hingga 2022.

Varian terbaru dari RTX 2060 ini menggunakan fitur TU106-300 yang telah digantikan oleh GPU RTX 3060 berbasis GA106. Dengan kapasitas Video RAM (VRAM) dua kali lipat, GPU teranyar ini juga akan disertakan fitur LHR untuk mengurangi kemampuan cryptomining. Hal ini diperkuat dengan gambar di atas yang merupakan hasil research dari VideoCardz.

Namun, pihak Wccftech sendiri meragukan fitur LHR ini dikarenakan NBMiner dengan algoritma khususnya, bahkan mampu menembus fitur ini. Besar kemungkinan para miner tetap akan membeli GPU terbaru dari NVIDIA ini.

Sebagai Salah Satu Solusi

Pihak NVIDIA sendiri mengatakan RTX 2060 12GB ini merupakan solusi untuk memenuhi demand dari para gamer. Dengan memori sebesar 12GB GDDR6, GPU ini digadangkan akan menjadi solusi untuk gamer yang mengincar resolusi di 1080P. Diperkirakan setidaknya pada Januari 2022 merupakan saat dimana GPU ini akan dipasarkan secara global.

Selain itu, relaunching RTX 2060 ini menandakan bahwa NVIDIA merasa pasar GPU tidak akan menjadi lebih baik pada tahun 2022. Ditambah kenaikan harga (lagi) yang baru-baru ini terjadi, sepertinya harga GPU tidak akan semudah itu untuk turun.

Apa pendapat kalian, brott? Langkah yang dilakukan NVIDIA memang sudah tepat, namun hal ini bak pedang bermata dua. Bila memang akan rilis, para gamer dan miner akan kembali berkompetisi untuk mendapatkan GPU teranyar dari NVIDIA ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version