[Rumor] NVIDIA GeForce MX Resmi Dihentikan Mulai Tahun 2023

NVIDIA GeForce MX

Sudah bukan rahasia umum jika performa GPU integrated pada APU AMD dan Intel sudah cukup baik belakangan ini. Seperti Intel Iris dan AMD RDNA2 mobile yang hadir di Ryzen 6000 series APU.

GPU kelas entry seperti itu sudah cukup mumpuni untuk melakukan task ringan hingga yang medium sekalipun. Hadirnya NVIDIA GeForce MX series di beberapa tahun lalu memang punya tempat sendiri mengingat kartu grafis integrated dikala itu masih belum se-powerful sekarang.

Rumor NVIDIA Berencana Matikan Seri Entry GeForce MX

Seri MX akan dimatikan

Dilansir dari situs videocardz yang mengambil dari portal Cina ITHome, tim hijau mungkin berencana matikan seri GeForce MX yang sudah hadir bertahun-tahun di laptop ultralow power beberapa vendor ternama.

Seri GeForce MX sendiri memang tidak begitu bertenaga mengingat TDP yang diberikan sangat rendah untuk menjaga panas yang dihasilkan. Kelemahan seri MX juga banyak dikontribusi oleh memory bus yang hanya sebesar 64bit. 

Jarak Performa iGPU dan NVIDIA GeForce MX series Makin Jauh

Seri GPU Ultra-low Power

Sebagai contoh MX570 hanya hampir setara dengan GTX 1650 mobile, atau RX 6300M dimana kedua GPU tersebut tidak begitu kencang. Ditambah dengan seri Phoenix APU dari AMD yaitu Radeon 780M dikabarkan bisa menyaingi performa MX 570. Semakin memperjauh jarak performa iGPU dengan dedicated mobile ultralow power GPU.

RTX 4050 akan gantikan MX series?

Ditambah lagi tim hijau memang berencana mengeluarkan seri RTX 4050 yang menggunakan kartu grafis AD-106, kartu grafis yang sama dengan RTX 4070 Mobile. RTX 4050 sendiri berjalan pada TDP 35W yang membuat NVIDIA sulit untuk memasukkan seri dibawahnya dengan performa yang tidak kalah dengan kompetitor.

Jadi jika NVIDIA benar akan memutuskan untuk meninggalkan seri GPU ini bukanlah hal yang aneh juga. Kompetisi GPU integrated mobile sudah cukup ketat sekarang ditambah lagi dengan Intel Arc juga ikut bermain menjadikan pertempuran ini semakin ganas. Apalagi baik dari AMD maupun Intel sudah support untuk video codecs terbaru jadi mereka pun tidak lagi kalah secara fitur.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version