[RUMOR] NVIDIA RTX 3050 Varian Terbaru Dikatakan Bakal Meluncur

Gpu Nvidia Rtx 3050 8gb

Pada akhir bulan Januari silam, peluncuran GPU teranyar dari kubu hijau, RTX 3050 8GB tampak bersinar meski tak dibanderol MSRP. Entah apa yang menyebabkan rumor ini beredar, namun kami mendapati bahwa NVIDIA RTX 3050 varian terbaru dikatakan bakal meluncur dalam waktu dekat.

RTX 3050 8GB dengan Penambahan Power

Informasi ini kami dapatkan melalui Igorslab yang katakan bahwa NVIDIA tengah persiapkan RTX 3050 dengan performa lebih mantap. Selain besaran VRAM yang memang masih sama, dikatakan pula bahwa konsumsi daya dibutuhkan lebih hemat 15W ketimbang 3050 varian lawasnya.

Tidak hanya itu, akan terdapat dua varian berbeda di mana GPU dengan arsitektur Ampere ini akan dibuat dalam SKU yang berbeda pula. Masih berdasarkan situs tersebut, Ampere GA106-150 dan GA107 akan siap hadir dan ramaikan pasar GPU yang sedang alami krisis ini.

Meski berbeda angka akhiran, namun keduanya masih sama-sama tawarkan besaran memory yang sama, yaitu sebesar 8GB. Dikatakan pula bahwa kedua pin yang akan disematkan dalam PCB GPU tersebut akan sama, sehingga tak membutuhkan perombakan secara total.

Kembali membahas perbedaan konsumsi daya yang dibahas sebelumnya di atas, tampaknya hal tersebut benar akan diimplementasikan. Menariknya, Ampere GA107 dikatakan hanya memakan daya sebanyak 115W ketimbang adiknya, yaitu GA106 yang memakan 130W.

Yang membuatnya lebih menarik ialah bahwa akan ada GPU RTX 3050 varian lawasnya yang gunakan arsitektur Ampere GA107.

Bila berbicara performa, tampaknya akan ada perbedaan yang cukup kentara bila besaran memory yang ditawarkan berbeda. Ditambah dengan perkataan dari AMD yang mana katakan bahwa besaran memory 4GB sudah tak relevan di zaman now, tampak membuat NVIDIA semakin bersemangat mengembangkannya.

Bila rumor ini benar adanya, kita para gamers dan content creators boleh bersenang hati karena artinya pasokan GPU mulai membaik. Satu hal yang pasti, kita tidak akan tau apakah 3050 akan tepat sasaran atau tidak bila ternyata benar diluncurkan, brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version