[RUMOR] Prosesor AMD Zen 3 3D V-Cache Sedang Dikembangkan

Amd Ryzen Zen 3 3D V-Cache

Dalam waktu dekat, Intel akan merilis prosesor Alder Lake sebagai Generasi Ke-12. Seakan tidak ingin kalah, AMD kini tengah persiapkan Zen 3 3D V-Cache yang rencananya sedang dalam tahap pengembangan. Prosesor tersebut bahkan digadang-gadangkan akan mampu bersaing melawan Intel Generasi Ke-12 Alder Lake pada sektor gaming.

Siap Mendarat Akhir Tahun

https://twitter.com/greymon55/status/1450407844516298755

Berdasarkan cuitan dari seorang leaker Greymon55, prosesor AMD dengan teknologi terbaru tersebut baru akan mulai diproduksi secara masal bulan depan. Sedangkan untuk prosesor AMD Ryzen dengan B2 Stepping, akan mulai mendarat dan siap untuk kalian beli pada akhir tahun ini.

Berbicara mengenai ‘refresh’, AMD Ryzen B2 Stepping tidak menawarkan perubahan dramatis, namun mampu tawarkan stabilitas yang lebih baik. Besar kemungkinan bahwa pengguna yang menggunakan B2 Stepping maupun tidak, akan dapat melihat perbedaan secara signifikan pada prosesor baru tersebut.

Merangkum dari cuplikan video dari AMD di atas, mereka pun mengkonfirmasi bahwa Zen 3 3D V-Cache hadir untuk platform AM4. Prosesor terbaru dari kubu merah ini dikabarkan akan mampu untuk menjawab tantangan dari kubu biru Intel, dengan Alder Lake miliknya. Selain itu, dikabarkan pula bahwa terdapat peningkatan sebesar 15% pada sektor gaming.

Rencananya, prosesor yang tawarkan teknologi terbaru ini akan mendarat pada kuartal pertama tahun 2022. Semua ini sesuai dengan cuitan oleh Greymon55 di atas, di mana AMD memang akan mulai memproduksi prosesor ini bulan depan.

Selain tawarkan teknologi baru yang semakin disempurnakan, besar kemungkinan AMD untuk memberikan potongan harga untuk jajaran Zen 3 saat ini. Langkah ini dilakukan si merah untuk dapat bersaing dengan Intel, dan tidak terbatas untuk Alder Lake.

Di lain sisi, Intel seolah menantang AMD dengan menjadi yang pertama tawarkan DDR5 dan PCIe 5.0, walaupun dengan sejumlah ‘premium’. Kubu merah menjawab semua tantangan tersebut dan akan merilis prosesor Zen 4 Raphael yang dikabarkan akan rilis pada kuartal akhir tahun 2022.

Dengan semakin banyaknya pilihan prosesor yang bisa kalian pilih, gimana dengan pendapat kalian, brott? Apakah kalian akan tetap setia dengan komputer saat ini, atau berencana melakukan upgrade nantinya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version