Rumor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 akan Meluncur Tahun 2024

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4

Pengembangan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 dikatakan tengah dalam pengerjaan, yang artinya ini menunjukkan minat pasar dan generasi zaman now akan chipset kekinian untuk digunakan pada smartphone. Sekuat apakah chipset tersebut?

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 akan Dibekali LPDDR6

Rumor di mana Qualcomm tengah kembangkan chipset teranyarnya, Snapdragon 8 Gen 4 ini kami lansir dari leaker di Twitter bernama OreXda, yang informasikan chipset yang dibuat pada fabrikasi 3nm (alias N3E) ini akan membawa sejumlah peningkatan. Termasuk di antaranya memori LPDDR6, yang konon dibeking oleh raksasa Korea, Samsung.

Memori LPDDR6 bakal jadi standar

Masih berdasarkan cuitan tersebut, Snapdragon 8 Gen 4 ini dikatakan akan menjadi pionir untuk chipset raksasa Qualcomm ke depannya. Hal ini dibuktikan dengan ditanamkannya Oryon, core yang dirancang khusus untuk menenami chipset yang konon akan meluncur tahun 2024 mendatang.

Fitur utama yang ditawarkan chipset ini tidak lain adalah memori LPDDR6, yang konon akan menjadi standar smartphone ke depannya, tak lupa menjadi sorotan raksasa Qualcomm untuk diimplementasikan.

Adu Cepat dengan Chipset Apple M2

Bukan inovasi bila chipset anyar Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 4 ini tak membawa perubahan. Hal ini dibuktikan dengan skor GeekBench 5 pada skenario single-core yang mencapai 2.070, dan multi-core yang menembus 9.100, yang dapat kalian cek pada gambar di bawah ini:

Di sisi lain, skor GeekBench 5 pada MacBook Air (2022) pada skenario single-core mencapai 2.560, dan untuk multi-score sendiri mampu tembus 9.565. Artinya, kedua chipset ini tengah kejar-kejaran, dengan skor yang tidak terlalu signifikan. Menariknya, chipset Qualcomm ini masih menyasar smartphone, yang mungkin akan hadirkan skor Antutu masif.

Namun, tetap saja informasi terkait chipset anyar besutan Qualcomm ini kemungkinan akan berubah di kemudian hari. Wajar, mengingat masih ada waktu setidaknya satu dua tahun dari sekarang, karena chipset baru biasanya baru akan meluncur pada akhir tahun.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version