[RUMOR] Terguncang Masalah Eksklusivitas, Mungkinkan Microsoft Akuisisi EA bahkan Valve?

in
Microsoft banyak miliki masalah eksklusivitas gamenya.

Jika kita membicarakan game eksklusif console, mungkin Xbox One adalah satu-satunya console yang tak miliki game eksklusif AAA dengan jumlah yang begitu banyak. Hal ini membuat peluncuran Xbox One X yang disebut sebagai “console terkuat” terasa hampa. Terlebih, mereka justru banyak berikan game indie eksklusif dibanding game AAA yang bahkan kurang sesuai untuk menguji kekuatan “monster” yang satu ini. Jika masalah ini terus berlanjut, maka kemungkinan tidak adanya generasi selanjutnya menjadi sebuah hal yang tak bisa dihindari. Hal ini tentunya akan menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Microsoft untuk kembali berikan daya tarik Xbox miliknya di masa mendatang, salah satunya adalah dengan mengakuisisi perusahaan game.


Scalebound buatan Platinum Games, salah satu game AAA eksklusif Microsoft berpotensi yang mereka batalkan. Source: IGN

Sebuah rumor muncul dari sumber terpercaya Polygon, yang mengatakan bahwa Microsoft berencana untuk akuisisi Electronic Arts. Tidak hanya itu saja, beberapa “bisikan” mengatakan bahwa PUBG Corp dan raksasa Valve juga masuk dalam daftarnya.

Nama-nama besar tersebut muncul bukan karena sebuah ketidakmungkinan bahwa Microsoft tidak mampu mengakuisisinya. Sebaliknya, kemungkinan besar mereka mampu membeli perusahaan-perusahaan tersebut. Sebut saja developer Minecraft, Mojang yang berhasil mereka akuisisi seharga $2.5 milyar pada tahun 2014 yang lalu. Mungkin saat ini harga Electronic Arts memang berkisar $35 milyar, namun bukan hal yang mustahil bagi Microsoft untuk membelinya.



Meskipun berita tersebut masih rumor dan kita tak boleh menanggapinya dengan serius. Namun, akan sangat menarik apabila Microsoft benar-benar mengakuisisi perusahaan-perusahaan tersebut. Terlebih, mereka telah miliki nama yang tidak mungkin dikenal oleh gamer di seluruh dunia. Bagaimana menurutmu?

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.