[RUMOR] Xbox Generasi Berikutnya akan Ditenagai Zen 5, Benarkah?

Xbox Generasi Berikutnya 2026

Persaingan di dunia konsol tampaknya semakin memanas saja. Tidak hanya PlayStation, Microsoft pun tengah persiapkan Xbox generasi berikutnya yang konon bakal ditenagai Zen 5, dengan iming-iming lompatan performa. Bakal sehebat apa kemampuan konsol dari Microsoft ini yah, brott?

Ditenagai Zen 5, Xbox Generasi Berikutnya Bakal Janjikan Lompatan Performa

RedGamingTech dan bocoran spesifikasi yang bakal dibawa Xbox

Kabar gembira untuk para fans Microsoft. Karena Xbox generasi berikutnya, dikatakan bakal dibekali dengan prosesor AMD Zen 5, atau yang mungkin telah kalian kenal codename-nya sebagai ‘Granite Ridge’ alias Ryzen 8000 Series.

Berdasarkan temuan kanal YouTube RedGamingTech beberapa hari lalu, dijelaskan lebih lanjut bahwa konsol Xbox generasi berikutnya tersebut bakal membawa sejumlah peningkatan dari generasi terdahulu.

Bocoran spesifikasi konsol Xbox next-gen

Kanal tersebut pun jelaskan bahwa sempat beredar rumor di mana Konsol Xbox generasi berikutnya ini bakal dipersenjatai AMD Zen 6. Namun, berdasarkan dokumen Microsoft dengan konteks ‘Cohesive Hybrid Compute’, di mana konsol tersebut ternyata akan dibekali Ryzen 8000 Series yang notabene merupakan prosesor AMD Zen 5.

Lebih lanjut, konsol anyar Microsoft tersebut akan coba menyeimbangkan big core dan little core, yang akan diperkuat dengan grafis terintegrasi dari AMD dengan lini Navi 5. Tidak hanya itu, konsol tersebut akan diperkuat dengan neural processing unit untuk mempercepat bermacam hal dengan bantuan kecerdasan buatan.

Integrated Graphics dengan Kemampuan Ray Tracing?

Menjanjikan sejumlah peningkatan performa dengan NPU

Bila berdasarkan dokumen Microsoft tersebut, besar kemungkinan Xbox generasi berikutnya bakal tawarkan performa mumpuni berkat ditanamkannya fitur DirectX ray tracing – yang pastinya akan semakin dibutuhkan untuk game keluaran terbaru.

Tidak hanya ray tracing saja, prosesor Zen 5 yang ditanamkan pada konsol tersebut juga menawarkan beberapa fitur lainnya, di antaranya adalah dynamic global illumination, micropolygon rendering optimizations, machine learning super resolution, dan beberapa peningkatan minor lainnya yang sekiranya dibutuhkan konsol zaman now.

Menutup informasi dari kanal tersebut, konsol ini dikatakan akan meluncur pada tahun 2026, sekitar 2-3 tahun saat artikel ini dibuat. Gimana menurut kalian, brott? Apakah kalian tertarik untuk memiliki konsol terbaru dari Microsoft ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version