Ryu Ga Gotoku Studio dan SEGA Resmi Lepaskan Nama “Yakuza”

End Of Yakuza Ryu Ga Gotoku

Fans serial game Yakuza besutan Ryu Ga Gotoku Studio bersama SEGA tentu berbahagia karena kedapatan tiga game baru; Like a Dragon: Ishin, Like a Dragon 8 dan Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name. Namun kamu mungkin bertanya-tanya kenapa sang developer tidak lagi menggunakan judul utama “Yakuza” untuk game-game barunya tersebut.

Melansir dari Digital Trends, pihak SEGA mengonfirmasi hal tersebut adalah benar, kemudian menyatakan bahwa seterusnya akan memakai judul utama “Like a Dragon” agar lebih dekat dengan terjemahan asli Jepang-nya; “Ryu Ga Gotoku”.

Ryu Ga Gotoku | Like a Dragon

Perlu diketahui bahwa versi Jepang-nya sendiri telah menggunakan judul utama Ryu Ga Gotoku sedari awal perilisannya di tahun 2005. Namun SEGA memutuskan untuk mengganti judulnya tersebut menjadi Yakuza ketika pertama kali diperkenalkan ke audiens barat di tahun 2006.

Kini serialnya sendiri kian berkembang dan tidak lagi terlalu fokus pada penceritaan gelap nan brutalnya dunia Yakuza, dimana agaknya menjadi langkah yang tepat agar sang developer bisa terus mengeksplorasi semestanya namun dengan format yang tidak terlalu berbeda. Judgment dan Lost Judgment bisa dibilang hasil dari keputusan tersebut walau memang tidak menggunakan judul Like a Dragon.

Menarik-nya, hal ini ternyata telah diungkap atau menjadi sebuah easter egg yang disematkan pada tajuk chapter terakhir Yakuza: Like a Dragon. Scott Strichart selaku produser lokalisasi SEGA Amerika bahkan mengkonfirmasi kebenaran hal tersebut lewat salah satu cuitan terbarunya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

https://twitter.com/TriggerRedd/status/1569861939844780032

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa fans mungkin akan butuh waktu untuk terbiasa untuk tidak lagi memanggil game-game Like a Dragon seterusnya dengan nama Yakuza. Namun yang jelas nama Yakuza sebagai serial game gelut brutal akan tetap dikenang karena sajiannya yang begitu ikonik.

Dimulai dengan Like a Dragon: Ishin! (23 Februari 2023) yang menjadi remake dari Yakuza Ishin, diikuti dengan Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name (2023) yang menjadi spin-off yang kembali menceritakan Kiryu Kazuma, dan tentu saja Like a Dragon 8 (2024) yang melanjutkan cerita utama serialnya.

Ketika game Like a Dragon tersebut rencananya akan dirilis untuk platform PC, PS5, PS4, Series X|S dan Xbox One.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Yakuza atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version