Saham Perusahaan Terus Naik, CEO CD Projekt Red Resmi Jadi Milyarder

aBm9djN 460s

Hanya bermodalkan satu franchise untuk saat ini, CD Projekt Red menjadi salah satu studio game tersukses saat ini. Tak hanya menjadi kebanggaan untuk bangsa Polandia, The Witcher juga menjadikan sang co-founder dan CEO, Marcin Iwi?ski, salah satu orang terkasa di negaranya.

Terhitung tanggal 24 April, nilai saham dari CDPR mencapai 368 z?. Dengan dirinya menjadi pemegang saham tertinggi (12,150,000 saham), kekayaan bersih dari Marcin Iwi?ski kini terhitung 4.4 milyar z? atau setara dengan $1.05 milyar, menjadikan dirinya seorang milyader dan salah satu orang terkaya di Polandia. Pawel Marchewka, CEO dari Techland menjadi tokoh industri video game Polandia lainnya yang masuk dalam kategori tersebut dengan kekayaan lebih dari $700 juta.

CDPR dikenal sebagai salah satu studio besar yang ramah terhadap konsumen. Di saat studio besar lain terus mendorong inovasi baru untuk monetisasi tiap konten di game mereka, CDPR tidak ikut trend tersebut dan fokus pada memberikan gamer konten yang mereka memang inginkan seperti ekspansi yang setara satu game penuh dan juga DLC gratis.

Dibandingkan dengan CEO studio game lain, memang kekayaan Marcin Iwi?ski masih “tak seberapa”. Gabe Newell, co-founder dari Valve saat ini miliki kekayaan 3.5 milyar USD dan Ma Huateng, CEO dari Tencent Holdings miliki asset real-time setara 48 milyar USD. Tapi diingat kembali kalau bisnis yang dimiliki Iwi?ski saat ini baru berbasis satu franchise game, dan mereka miliki taktik bisnis yang tak seagresif kompetitor lainnya. Maka apa yang dicapai oleh sang CEO dari CDPR tetap harus diacungi jempol.


Baca pula informasi lain terkait CD Projekt Red beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version