Sambut Akhir Tahun, Ini 5 Fitur Baru dari Google untuk Ponsel Android

Fitur Terbaru Google Android

Sebuah sistem operasi terkadang membutuhkan sebuah pembaharuan untuk memperbaiki atau menambah sejumlah fitur yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Seakan tak ingin menelantarkan sistem operasi Android-nya, dan demi sambut akhir tahun, kini Google memastikan untuk berikan sejumlah fitur baru.

Lebih Pintar dan Lebih Personal

Terinspirasi dari perkembangan teknologi, tentunya terlepas dari kompetitornya, Google mempertimbangkan fitur-fitur yang dirasa akan dapat mempermudah kehidupan penggunanya. Berdasarkan postingan blog-nya, sejumlah fitur yang akan mendarat dalam beberapa waktu yang akan datang ini lebih pintar, dan lebih personal.

Fitur tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Family Bell

Fitur ini mempermudahmu dalam me-manage waktu antara pekerjaan, dan kirimkan pemberitahuan agar kamu juga memberikan waktu untuk keluargamu. Tentu ini akan cocok untukmu yang workaholic dan bingung untuk me-manage waktu secara efisien.

2. All New Widgets

Di antaranya adalah Books, di mana kamu dapat membaca sebuah buku, dan menyimpannya untuk lain waktu. Youtube Music pun mendapat pembaharuan dan dapat diakses melalui home screen ponselmu.

Beralih ke yang lebih personal, People and Pets memberikan fungsi layaknya aplikasi live wallpaper. Fitur Relive memudahkanmu untuk melihat kenangan yang berhasil kamu abadikan beberapa waktu lalu dengan memberikan notifikasi.

3. Android Auto

Dengan kehadiran Android Auto, kamu dipastikan akan dapat dimanjakan dengan fitur navigasi yang mudah dan praktis untuk digunakan. Membalas pesan, atau menjawab telepon dapat kamu lakukan dengan mudah melalui suara.

Selain itu, bila mobil yang kamu kendarai sudah cukup ‘pintar’, terdapat Digital Car Key untuk makin mempermudah keseharianmu. Fitur ini masih tersedia untuk beberapa negara saja, dan hanya bisa diakses melalui ponsel besutan Google, seperti Pixel 6 Pro.

4. Runtime Permissions

Tak hanya dari kemudahan dalam keseharian, Google tidak lupa untuk memberikan lapisan keamanan pada privasi yang makin tebal. Kehadiran fitur ini dapat menonaktifkan perizinan atau permission pada aplikasi yang tak kita pakai.

5. Emoji Kitchen Combinations

Sebenarnya pembaharuan satu ini sudah pernah penulis coba pada bulan November silam pada aplikasi perpesanan instan WhatsApp. Pilih salah satu emoji, dan kombinasikan dengan emoji lain untuk memberikan ‘kesan’ yang berbeda. Menurut penulis, fitur ini cukup menarik karena kita bisa menelurkan emoji yang benar-benar unik dan personal.

Nah, itulah 5 fitur baru yang diberikan Google untuk ponsel Android yang kamu miliki. Saat ini, masih belum jelas apakah semua fitur ini dapat dinikmati oleh semua versi Android atau tidak. Namun satu hal yang pasti, semua pembaharuan fitur ini termasuk sangat menarik.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version