Sampai Kapan Ragnarok Bakal Terus Di Milking?

in

Siapa yang tak kenal dengan game ragnarok online, sebuah game legendaris yang telah rilis bertahun-tahun yang lalu dan bertahan hingga sekarang. Besarnya nama Ragnarok memang tidak usah dipertanyakan lagi, namun ada satu hal yang bisa di pertanyakan. Sampai Kapan Game Ragnarok ini bakal terus di milking.


Bosan Mendengar Embel-Embel Ragnarok

Bukan-nya bersemangat, justru bosan yang muncul. Mungkin tidak banyak yang mengatakan bahwa mereka telah bosa, namun dengan adanya bejibun game yang mendapat rating yang cukup buruk, tentu saja hal ini menunjukan perasaan para fans Ragnarok. Dikit-dikit Ragnarok, dikit-dikit Ragnarok, yang ada para fans Ragnarok justru malas untuk mendengar nama Ragnarok lagi. Belum lagi beberapa game yang sengaja membeli license dari Ragnarok untuk muncul dalam gamenya.


Bejibun Game Terbukti Tak Bertahan Lama

Seperti yang kita tahu bahwa game ragnarok memiliki banyak series mulai dari A hingga Z, mulai dari PC hingga Mobile. Gravity terus memeras brand Ragnarok miliki mereka, apakah itu work? sesaat pasti, jangka panjang? meragukan.Bukannya menjelekan game Ragnarok ini, namun ada perasaan resah ketika beberapa game juga menggunakan brand Ragnarok, mulai dari X yang dalam artian berbentuk cross atau lintas dunia, hingga game-game tak jelas, yang simple dan ala kadarnya. Sebagai pemain Ragnarok Online dahulu kala, ada perasaan dimana ragnarok Online telah melupakan jati dirinya sebagai game MMORPG.

Meskipun sempat menjadi game terpopuler, player Ragnarok Mobile Eternal Love akhirnya menyusut juga. Hal ini terjadi karena berbagai hal, mulai dari sistem pay to win-nya yang cukup tidak manusiawi, sebuah game yang jauh dari Ragnarok dan masih banyak lagi. Seri ragnarok mobile yang menjadi perbincangan hangat pun mendapat rating yang cukup kecil di playstore.  Beberapa game mobile lain-pun berusaha meminjam nama ragnarok untuk mendobrak pasarnya, namun berujung gagal. Sebut saja Ragnarok Poring, Ragnarok clicker dan masih banyak lagi game mobile Ragnarok yang gagal di pasaran.


Membawa Nostalgia Sudah Tak Mempan Lagi

Kekuatan dari Ragnarok adalah Nostalgia, dengan membawa embel-embel Ragnarok mereka ingin membangkitkan nostalgia para Fans Ragnarok. Namun perlu di ingat, bahwa Ragnarok bukanlah game yang sama seperti dulu. Berniat untuk nostalgia yang berujung pada kekecewaan. Sistem-sistem yang dirasa banyak orang terlalu memeras player, membuat banyak fans semakin enggan untuk menyentuh game-game dengan tempelan Ragnarok.

Sebuah MMORPG party, jual beli semuanya telah menghilang, para fans telah dikecewakan. Mungkin tak hanya saya saja yang merasa telah menutup rasa nostalgia, dan menganggap Ragnarok Online sebagai game dengan kenangan indah. Biarkanlah Ragnarok Online menjadi Ragnarok Online, jangan lagi kamu geserkan Ragnarok dari Ragnarok Online.


Biarkan Ragnarok Menjadi Ragnarok

Memunculkan game dengan brand Ragnarok tanpa membawa kesan MMORPG mungkin menjadi sebuah tanda tanya yang cukup mengganggu. Sebagai fans Ragnarok tentunya ingin game Ragnarok biarkan menjadi game Ragnarok, sebagai game yang selalu menjadi teman masa kecil kita, sebagai penggebrak game MMORPG di Indonesia, sebagai game yang selalu menjadi favorit kita dan sebagai game MMORPG yang telah menjadi Legenda.

Munculnya nama-nama Ragnarok yang semakin tidak jelas, mungkin bisa memberikan dampak pada nama baik Ragnarok, Ragnarok yang selalu kita kenal dengan game MMORPG di PC. Bahkan server baru mereka yang bertajuk Ragnarok Forever Love juga tidak sedikit menggaet pemain. Sedikit banyak nama Ragnarok di game lain justru merusak popularistas atau nama baik dari Ragnarok sendiri menurut saya pribadi.


Mungkin artikel saat ini lebih pada uneg-uneg pribadi yang dirasa sedikit mengganggu. Nama Ragnarok yang berlahan menjadi brand dari game-game yang dirasa sangat kurang dari segi kualitas. Munculkan kembali nama Ragnarok dalam game yang siap dan dirasa telah sempurna. Jangan terus kamu milking nama Ragnarok menjadi karya-karya yang tak sesuai dengan standart kualitas.Entah sampai kapan game dengan embel-embel Ragnarok terus bermunculan, game-game ragnarok yang semakin tidak jelas. Tidak ada yang tahu.


Jadi demikian bahasan Sampai Kapan Ragnarok Online Bakal Terus di Milking? Jadi bagaimana menurutmu apakah hal ini masih bisa diterima? Atau mungkin kalian merasa bahwa semua ini cukup? atau mungkin kalian menginginkan bahwa developer lebih fokus terhadap Ragnarok Online PC? Silahkan komentar di kolom komentar, semoga bermanfaat, Sekian dan Terima Kasih


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan Opini atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

Avatar

Written by Jendra