Samsung Akan Gunakan Exynos 992(5nm) Pada Seri Note 20

in ,

Nampaknya perlombaan untuk litografi  generasi berikutnya telah dimulai, hal ini karena sekarang banyak produsen yang telah  beralih dari proses 7nm saat ini ke 5nm generasi berikutnya. Seperti halnya Samsung yang telah mengembangkan proses 5nm selama beberapa bulan terakhir.

Kini dalam sebuah laporan dari Korea Selatan, jika raksasa smartphone asal Korea selatan tersebut akan segera memulai produksi massal itu. Dalam laporan tersebut, Chipset pertama yang menampilkan proses baru akan disebut Exynos 992, dan menurut rumor, chipset ini akan digunakan pada jajaran Galaxy Note 20 pada bulan Agustus mendatang.

Dalam laporan tersebut, Exynos 992 yang baru akan menggunakan ARM Cortex-A78 core dan GPU Mali-G78 yang baru dirilis. Secara terori, Chip baru ini akan menghasilkan efisiensi 20% lebih tinggi dibandingkan dengan Cortex-A77 yang saat ini yang digunakan pada Exynos 990.

Menurut sumber, GPU Mali-G78 tersebut menawarkan kinerja 25% lebih tinggi daripada Mali-G77. ARM sudah memastikan bahwa inti Cortex-A78 baru akan digunakan dalam chipset yang dibangun pada proses 5nm.

Masih dalam laporan tersebut, Samsung mungkin hanya akan menggunakan chipset Exynos 992 untuk unit Note 20 yang beredar di Korea Selatan saja. Sedangkan, untuk pasar lain, mungkin mendapatkan versi Snapdragon 865. Itu cukup menarik mengingat bagaimana versi Snapdragon biasanya hanya akan tersedia untuk versi US dan China saja.

Saat ini, belum ada informasi lanjutan mengenai chipset yang akan dirilis oleh Samsung tersebut, dan apakah nantinya akan diproduksi untuk pasar luar Korea. Namun, dengan dirilisnya chipset terbaru Samsung itu, kita akan melihat bagaimana performa yang meningkat pada seri Note berkat chipset tersebut.

 

Sumber : ZDNet


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]