Samsung Akan Segera Perkenalkan Exynos 9710 Chipset Terbaru Untuk Seri Mid-Range

in , ,

Nampaknya Samsung akan segera merilis sebuah Chipset baru penerus dari seri sebelumnya yaitu Exynos 9610, informasi ini terkuak setelah seorang tech leaker China berhasil mengungkapkanya secara online, leaker tersebut memang sering memberikan informasi dan terbukti cukup handal. Informasi ini belum resmi dan Samsung sendiri saat ini masih bungkam.

Menurut Ice Universe, chip baru ini akan mengandalkan proses dengan fabrikasi 8nm FinFEt. Sebelumnya Exynos 9610 masih menggunakan proses fabrikasi 10nm FinFET dimana dengan demikian bahwa generasi berikutnya akan menghasilkan peningkatan dalam hal  kinerja dan efisiensi daya. Sejauh menyangkut spesifikasi Exynos 9710, mereka dikatakan mencakup empat core Cortex-A76 yang memiliki clock 2.1GHz dan empat core Cortex-A55 pada 1.7GHz. Mereka akan digabungkan dengan GPU Mali-G76 MP8 650MHz.

 


Pendahulunya, Exynos 9610 masih didasarkan pada proses fabrikasi 1onm FinFET. Pada seri ini spesifikasinya memiliki empat core Cortex-A73 pada 2.3GHz dan empat 1.6GHz Cortex-A53 core. Ada juga GPU ARM Mali-G72 dan hub sensor daya rendah berbasis Cortex-M4F untuk solusi Selalu Aktif. Ini mengelola sensor secara real-time tanpa membangunkan prosesor utama untuk memberikan efisiensi daya tambahan.

Jika dilihat dari seri 9610 yang sudah sangat bagus dalam hal performa, baik dalam menjalankan game berat ataupun multitasking terbukti pada Samsung A50 yang begitu bagus dalam hal multitasking, nampaknya pada generasi selanjutnya Exynos 9710 jelas akan lebih mempunyai performa yang begitu unggul.

Saat ini belum jelas kapan Samsung akan segera merilis produknya tersebut dan seri apa yang akan menggunakan chipset ini, mengingat seri J juga sudah dihentikan produksinya. Tapi jika dilihat pada seri 9610 yang digunakan untuk seri menengah premiumnya, nampaknya Samsung jelas akan memasangkanya pada seri A.

Sumber : Gizchina

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya tentang tech dan game dari Rizki

 

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]