Samsung Akan Tutup Semua Pabrik LCD Miliknya

samsung mwc 2019 e1586416813667

Raksasa teknologi Korea Selatan, yaitu Samsung adalah pembuat layar OLED teratas di dunia. Seperti yang kita tahu, jika saat ini layar OLED buatan Samsung adalah produksi terbaik dan banyak vendor menggunakan produk buatanya tersebut.

Oleh karena itu, nampaknya membuat Samsung akhirnya dikabarkan akan menutup smeua lini pabrik pembuatan LCD miliknya. Bahkan pada bulan lalu, ada spekulasi bahwa Samsung akan menghentikan produksi panel LCD miliknya, dan mereka berkonsentrasi pada tampilan OLED.

Namun, akhirnya spekulasi tersebut terjawab sudah. Secara resmi, Samsung mengkonfirmasi jika mereka, akan menutuo  semua pabrik panel LCD-nya tahun ini.

Samsung juga berencana untuk mengalihkan perusahaanya pada industri panel QD quantum dot dan panel OLED. Walaupun, masih ada beberapa produk Samsungsebuah  yang membutuhkan dukungan panel LCD. Menurut laporan, Sharp yang akan menjadi pemasok tunggal panel LCD untuk Samsung Electronics di masa depan.

Saat ini, pemegang pangsa pasar utama bisnis LCD global adalah produsen asal Cina, termasuk BOE dan Huaxing Optoelektronik. Perusahaan Korea Selatan pernah menjadi kekuatan di pasar panel LCD. Ini memiliki dua pabrik panel LCD di Cina dan dua jalur produksi LCD di Korea Selatan.

Namun, karena persaingan yang ketat di pasar LCD dalam beberapa tahun terakhir, harga panel LCD menjadi anjlok. Sehingga membuat Samsung memilih untuk berhenti dari bisnis.

Oleh karena itu, secara tidak langsung  kita harus berterima kasih kepada produsen China, jika mereka tidak datang dengan rasio harga dan kinerja yang lebih baik untuk panel LCD, mungkin tidak akan ada persaingan dan harganya akan tetap tinggi.

 

Sumber : MyDrivers


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version