Samsung Mulai Kerjakan Layar HP Tanpa Bezel dan Kamera Under-Display, Masuk HP Flagship Tahun Depan?

Layar Hp Tanpa Bezel

Samsung kerjakan layar HP tanpa bezel – Beberapa waktu lalu kita sempat mendengar rumor kalau Apple tengah menyiapkan iPhone yang punya layar minim bezel dan mengutus produsen layar seperti Samsung dan LG untuk kerjakan.

Tampaknya rumor itu semakin diperkuat dengan Samsung sebagai salah satu produsen layar smartphone terbesar juga mengkonfirmasi kalau mereka sedang mengerjakan konsep serupa yaitu bezel-less display.

Samsung Display Mulai Kerjakan Layar HP Tanpa Bezel dan Kamera Dalam Layar

Smartphone layar tidak berbezel

Melansir dari The Elec (via Wccftech), petinggi di Samsung Display mengumumkan kalau mereka tengah kerjakan konsep layar tanpa bezel dan kamera dalam layar atau Under-Display Camera.

Teknologi seperti ini memang sudah masuk ke tahap yang serius melirik perhatian produsen smartphone seperti Apple dan bisa dikatakan sebagai satu langkah lagi menuju impian smartphone yang terlihat futuristik.

Konsep iPhone tanpa bezel

Samsung sepertinya akan menggunakan teknologi 3D lamination untuk mendapatkan hasil akhir yang mereka inginkan. Ditambah dengan konsep kamera dalam layar berarti teknologi kamera akan ditingkatkan sedemikian rupa.

Teknologi Under-Display Camera Bukan Pertama Kali Ada

Kamera dalam layar

Seperti yang kita ketahui kalau kamera dalam layar ini bukan pertama kali ada. Beberapa brand lain sudah mencoba menggunakan teknologi ini. Meskipun sejauh ini eksekusi yang ditunjukkan tidak memberi hasil yang menakjubkan. Karena mau bagaimanapun ada bagian kamera yang terhalang oleh layar OLED dan berujung tidak sejernih kamera konvensional.

Hanya saja kedua teknologi ini masih sebatas konsep yang ingin mereka bawa. Belum dapat dipastikan kalau smartphone flagship Samsung tahun depan atau bahkan iPhone akan mendapatkan teknologi ini. 

Kamera Under-Display

Karena masih terbilang baru, tentu ada masalah yang perlu diselesaikan agar bisa sampai ke tangan konsumen tanpa ada masalah serius. Mungkin kita perlu menunggu beberapa tahun kedepan untuk merasakan bagaimana kedua teknologi ini matang dan bisa digunakan pada produk smartphone flagship.

Apapun yang jelas, teknologi seperti ini berarti menambahkan satu lagi faktor keringkihan smartphone karena layar tidak terproteksi oleh bezel, berujung pengguna harus menggunakan protektor seperti case dan tempered glass tambahan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version