Samsung Perkenalkan LPCAMM, Memori DDR5 yang Berukuran Kecil

Samsung Perkenalkan Lpcamm Ddr5

Inovasi demi inovasi dilakukan oleh bermacam perusahaan untuk memasarkan jenis memori DDR5. Sama halnya Samsung, di mana perusahaan tersebut memperkenalkan LPCAMM yang merupakan memori DDR5 yang berukuran sangat kecil dan diklaim menawarkan beberapa kelebihan. Wah, apa-apa saja kelebihannya?

Samsung Perkenalkan LPCAMM, Ukurannya Sangat Kecil

Rasanya tidak mengejutkan bila raksasa dari Korea bernama Samsung senantiasa memperkenalkan teknologi terbaru demi memudahkan manusia maupun menyempurnakan teknologi yang telah ada sebelumnya.

Jenis memori terbaru dan diklaim memiliki beberapa kelebihan

Memori LPCAMM yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Samsung melalui Samsung Newsroom, diklaim akan menjadi pionir modul memori yang akan menjadi standar PC di masa yang akan datang, khususnya DDR5.

Melansir laman tersebut, LPCAMM yang merupakan kependekan dari ‘Low Power Compression Attached Memory Module’ disebut akan menyasar pasar PC desktop dan laptop, dan tidak menutup kemungkinan akan melebarkan sayap implementasinya ke data center yang membutuhkan memori berkapasitas besar.

Gak kebayang ukurannya kalau lebih kecil 60% dari SODIMM

Bila berdasarkan gambar di atas, ukuran dari memori ini benar-benar akan terpangkas setidaknya 60% dari ukuran SODIMM yang menurut kami sudah termasuk kecil untuk sebuah memori.

Diklaim Menawarkan Beberapa Kelebihan, Apa Saja?

Suatu inovasi dan perubahan tentunya diharuskan untuk setidaknya menawarkan perutunkan dan baru diikuti dengan beberapa perubahan baik itu minor maupun secara keseluruhan. Kali ini, dimulailah era penyempurnaan memori DDR5 yang tentunya dalam waktu dekat akan menjadi standar terbaru.

Sudah diperkenalkan semenjak MWC 2023 silam

Masih berdasarkan informasi yang diungkap dari Samsung Newsroom, memori jenis LPCAMM ini menjual ukurannya yang amat sangat kecil, namun ditambah dengan peningkatan performa sebanyak 50% dan efisiensi daya sebanyak 70%.

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan Dr. Dimitrios Ziakas selaku Vice President of Memory and IO Technology dari Intel. “Efisiensi daya dan kemudahan untuk diperbaiki jelas akan menjadi poin tambahan untuk LPCAMM yang tentunya dapat menjadi standar terbaru di dunia komputer ke depannya.”

Belum jelas kapan teknologi ini akan meluncur ke pasar, namun bila mengacu pada pengumuman Samsung Newsroom, jenis memori ini direncanakan akan meluncur pada tahun 2024.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version