Samsung Tengah Produksi Masal RAM 16GB Untuk Smartphone

in ,

Lima bulan setelah Samsung memulai produksi massal DRAM 12GB LPDDR5. Pabrikan tersebut, sekarang dilaporkan tengah mulai membuat modul 16GB di pabriknya di Pyeongtaek. Menurut perusahaan Korea, RAM jenis  baru ini dibangun pada proses 10nm generasi kedua dan menawarkan kecepatan transfer data hingga 5.500Mb / s.

Dibangun pada teknologi LPDDR5 terbaru, RAM berkapasitas 16GB ini akan terdiri dari delapan chip 12-gigabit dan empat chip 8-gigabit. Sehingga ini akan memberikan dua kali kapasitas DRAM yang ditemukan di banyak laptop dan gaming PC kelas atas saat ini.

Alasan mengapa pengembangan kapasitas ram yang besar pada smartphone ini adalah karena meningkatnya permintaan akan daya, kinerja, dan kecepatan. Namun, permintaan fitur 5G dan AI yang disempurnakan seperti smart photography juga meningkat akhir-akhir ini.

Dengan adanya produksi masal module tersebut, pada tahun ini kita akan melihat smartphone pertama mendarat di pasar dengan RAM 16 GB LPDDR5.

Selain itu, Samsung juga mengumumkan rencana untuk memproduksi secara massal produk-produk LPDDR5 16GB yang dibangun pada teknologi proses 10nm-kelas (1z) generasi ketiga pada akhir tahun ini. Menurut perusahaan asal Korea Selatan itu, akan meningkatkan kecepatan transfer data menjadi 6.400Mb / s.

Dengan dirilisnya pengumuman tersebut, tentu saja akan membuat Samsung menjadi semakin kuat diranah persaingan dunia teknologi. Terlebih, saat ini Samsung adalah perusahaan pemasok RAM terbesar didunia.

Sumber : Samsung


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]