Sebanyak 91 Juta Data Pengguna Tokopedia Tersebar Gratis di Facebook

6 Tokopedia Bebas Ongkos Kirim 1024x538 1

Sebuah kabar tak mengenakan datang lagi dari raksasa E-commerce di Indonesia yaitu Tokopedia. Kasus ini terkait peretasan yang dilakukan oleh sekelompok Hacker pada beberapa waktu lalu.Dimana menyebabkan sekitar 91 data pengguna Tokopedia berhasil dicuri.

Dalam sebuah laporan, kini 91 juta data akun dari pengguna Tokopedia itu tersebar di Internet dan bisa diunduh secara cuma-cuma. Laporan ini pertama kali dirilis oleh lembaga riset keamanan siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC).

Dalam laporanya, CISSReC menyebut jika salah satu anggota grup Facebook terkait keamanan siber yang berisikan hampir 15 ribu anggota memberikan link untuk mengunduh data 91 juta data pengguna Tokopedia secara gratis.

Ketika ditelusuri, link tersebut pertama kali dibagikan oleh salah satu akun bernama @Cellibis dalam sebuah forum, yaitu Raidsforum. Akun itu diketahui sudah membagikan lebih dulu pada Jumat, 3 juli 2020.

Padahal sebelumnya, data ini sempat dijual dengan harga $5000 atau sekitar 72 juta rupiah. Namun, kini disebar secara hampir cuma-cuma didalam forum Raidsforum.

Walau disebar secara cuma-cuma, untuk mengunduh data itu juga tak mudah, hal ini karena file disimpan pada server yang berlokasi di Amerika Serikat, sehingga harus menggunakan VPN dengan IP Amerika, ujar Chairman CISSReC, Pratama Persadha.

Ukuran data dari file ini sebesar 11 GB yang berbentuk .zip yang ketika di ekstrak dan berubah menjadi .txt, filenya membesar menjadi sekitar 28.5 GB.

Sumber : CISSReC

Untuk membuka file ini, dibutuhkan sebuah aplikasi khusus seperti UltraEdit. Didalamnya terdapat data pengguna Tokopedia yang berjumlah sebanyak 91.174.216 yang berisi nama lengkap, nama akun, email, toko online, tanggal lahir, nomor HP, tanggal mendaftar, serta beberapa data yang terenkripsi berbentuk hash.

Sumber : CISSReC

Dilansir dari Kumparan, Senin (6/7/2020), alamat atau link download dari file itu masih tersedia dan telah diunduh sebanyak 58 kali sejak diunggah. Alamat download ini disebut akan kadaluwarsa sampai 5 hari kemudian.

Saat ini, postingan dari @Celibis yang ada di Raidsforum sudah tidak ditemukan lagi. Data yang disebar ini adalah data yang sama seperti data yang diambil Mei 2020 silam.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

 

 

Exit mobile version