Sebelum Jadi Developer Game, Kojima Sempat Bekerja Sebagai Tukang Kebun dan Fotografer Pernikahan

in , ,
Hideo Kojima (1)

 Hideo Kojima dikenal sebagai desainer game legendaris di balik Metal Gear Solid, namun tentu saja keberhasilannya tidak terjadi begitu saja, ia harus memulai karirnya dari pengalaman yang sebenarnya tidak ada sangkut paut dengan dunia industri game.

Lewat Twitter yang disebarkan akun resmi Kojima Production, sosok sang bos diceritakan dengan singkat di mulai dari kisahnya sebelum menjadi developer game di Konami. Menurut koleksi tweet yang dibagikan, pekerjaan part-time pertama Kojima ialah sebagai fotografer di sebuah acara pernikahan. Pekerjaan ini ia lakukan mulai dari setelah lulus SMA hingga lulus kuliah. Dari pekerjaan pertamanya tersebut, ia diajarkan akan bagaimana rasanya menjadi “salary worker” yang harus terus berpakaian rapi dengan setelan baju berdasi.

Di luar dari pekerjaan tersebut, ia juga menjadi seorang tukang kebun setiap libur kuliah. Hal tersebut dilakukannya untuk dapatkan pendapatan tambahan. Dari kerja sampingan ini, ia belajar akan bagaimana cara menanam yang benar dan cara mendesain kebun yang baik. Salah satu pengalaman pahit yang ia rasakan selama menjadi tukang kebun ini ialah ia pernah disengat oleh 10 lebah, jatuh dari pohon dan mabuk oleh cairan pernis.

Kojima jelaskan bahwa kedua pekerjaan tersebut membantunya menjadi dirinya sekarang saat ini. Memang kedua pekerjaan tersebut tidak ada hubungannya dengan industri game yang ia tempati sekarang, tetapi pengalaman tetap lah pengalaman dan bisa menjadi inspirasi di kemudian hari.


Baca pula informasi lain terkait Hideo Kojima beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.