Sebut Kata Sandi Itu Payah, Microsoft Akan Buat Windows 10 Menjadi Passwordless

windows 10

Nampaknya Microsoft akan segera mengadopsi fitur passwordless pada sistem operasi buatan mereka. Rencana itu semakin matang setelah mereka berupaya untuk menghapus kata sandi dari Windows 10 dan Akun Microsoft selama beberapa bulan terakhir, jika memang demikian bisa jadi pembaruan besar berikutnya untuk Windows 10 tahun depan akan melangkah lebih jauh.

Dikatakan, fitur mengaktifkan masuk tanpa kata sandi untuk akun Microsoft di perangkat Windows 10 akan segera bisa digunakan. Fitur ini akan membuat PC mu menggunakan otentikasi wajah Hello Windows, sidik jari, atau kode PIN. Opsi kata sandi akan hilang begitu saja dari layar login, jika nantinya kamu memutuskan untuk memilih fitur “buat perangkat Anda tanpa kata sandi” yang baru ini.

Microsoft mengatakan alasan tentang penghapusan kata sandi ini sangat sederhana: kata sandi itu payah! Orang senang menggunakannya kembali di setiap situs web dan di perangkat pribadi mereka, dan meskipun kami memiliki sejumlah metode otentikasi dua faktor, masih sulit untuk meyakinkan orang untuk menggunakannya.

Microsoft berpendapat bahwa kode PIN jauh lebih aman daripada kata sandi, walaupun tampaknya lebih mudah menggunakan kode empat digit. Ini berkat variabel yang tidak diketahui dan fakta bahwa kode disimpan pada perangkat dan tidak dibagikan secara online. Windows 10 menyimpan kunci pribadimu pada sebuah perangkat Trusted Platform Module (TPM), yang merupakan chip aman yang menyimpan PIN lokal untuk perangkatmu saja. Walau nantinya server dibobol atau kata sandimu dicuri, Windows Hello PIN tak akan terpengaruh.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Saat ini, perlahan-lahan Microsoft mencoba meyakinkan para pengguna Windows 10 untuk lebih memilih proses otentikasi dua faktor seperti SMS gateway, aplikasi Microsoft Authenticator yang terpisah, Windows Hello, atau bahkan kunci keamanan fisik dengan standar FIDO2. Berkat pembaruan Windows 10 Mei 2019 lalu, saat ini kamu bahkan dapat mengatur dan masuk ke PC Windows 10 hanya dengan nomor telepon di Akun Microsoft.

Ini mungkin saja sebuah langkah yang bagus mengigat saat ini banyak sekali terjadinya kasus pembobolan kata sandi. Dengan demikian, dalam beberapa waktu kedepan mungkin saja kita tidak akan lagi menjumpai kolom untuk mengisikan kata sandi jika kita ingin masuk kedalam akun-akun pribadi kita.

Sumber : The Verge


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita terupdate lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version