SEGA Perkenalkan Valkyria Baru di Valkyria Chronicles 4

ValkyriaChronicles 4
Valkyria baru kan warnai game ini.

Melanjutkan dari informasi sebelumnya tentang cerita dan tokoh utama Valkyria Chronicles 4, tak lengkap rasanya apabila kita tidak mengenal siapa Valkyria di game ini. Bagi kamu yang belum tahu, Valkyria atau Valkyrur adalah salah satu ras warrior di seri Vakyria Chronicles yang dipuja berbagai kepercayaan. Keturunan Valkyria miliki kemampuan melebihi manusia biasa. Ia mampu mengeluarkan energi dari dalam mineral bernama Ragnite untuk menjadi kekuatannya dan mampu melakukan self-healing saat pertempuran. Beberapa Valkyria yang telah dikenal adalah Alicia dan Selvaria dari Valkyria Chronicles pertama.

Dilansir dari majalah mingguan Famitsu Jepang, SEGA berikan beberapa informasi baru lanjutan terkait Valkyria dan karakter antagonis di Valkyria Chronicles 4. Di antaranya adalah:

Clymaria Levin – Valkyria (Voice: Yukana, Cecilia Alcott – Infinite Stratos)

Kemunculannya yang ditandai oleh badai salju membuat Clymaria miliki julukan “Witch of the Snowstorm”. Valkyria berpangkat Kapten dari Imperial Science Special Test Force X-0 Zechs Owl ini miliki perasaan rendah diri yang sangat tinggi akibat terus dipaksa untuk hidup sebagai kelinci percobaan di Laboratorium Valkyria. Ia bertempur bersama partnernya, seekor serigala bernama Fenrir. Berbeda dari Valkyria lain yang menggunakan senjata jarak dekat, Clymaria gunakan sihir untuk bertempur melawan musuh-musuhnya.

X-0 Zechs Owl

X-0 Zechs Owl adalah sebuah pasukan yang bertugas untuk mengetest dan mensupport pembuatan peralatan tempur Imperial. Mereka bekerja langsung di bawah kepemimpinan petinggi Imperial Science Institute. Beberapa anggotanya antara lain:

Forse – Strategist (Voice: Ishikawa Kaito, Nero – Devil May Cry 4)

Ahli strategi Zechs Owl. Ia tak bisa mengikuti perang secara langsung karena kakinya cacat. Seseorang yang percaya diri, tak kenal takut, dan selalu miliki pikiran yang tenang. Strategi racikan Forse kerap kali membuat Claude dan kawan-kawannya kalang kabut.

Belgar – Zechs Owl Supervisor (Voice: Hayami Shou, Maximilian Jenius – Macross)

Seorang bangsawan Imperial. Miliki kemampuan sains terhebat buatnya miliki pangkat tertinggi di Imperial Science Institute. Pangkatnya sebagai Jendral buatnya perlakukan Zechs Owl layaknya bidak sesuka hatinya.

Kiara Rodino – Zechs Owl Member (Voice: Fujii Yukiyo, Tomoe Hotaru – Sailor Moon Crystal)

 

Kiara tumbuh bersama Nikola layaknya kakak adik sejak kecil. Seorang bodyguard yang bertugas untuk membunuh semua musuh Belgar. Ia telah “disetting” oleh Special Test Force untuk miliki sifat sadis dan tak miliki rasa kemanusiaan sama sekali.

Nikola Graf – Zechs Owl Member (Voice: Oozora Naomi, Kiriha – Tsugumomo)

Sama seperti Kiara, ia adalah bodyguard Belgar. Nikola miliki sifat sadis yang sama dengan “saudari”-nya. Namun berbeda dengan Kiara, ia lebih suka menyerang musuhnya secara psikologis dibanding harus berhadapan langsung dengannya.

Klaus Voltz – Aosburgh Imperial Unit Captain (Voice: Touchi Hiroki, Cor – Final Fantasy XV, Ovan – .hack//G.U.)

Veteran dalam pertempuran. Klaus bersumpah akan melindungi penduduk Imperial. Ia adalah salah satu musuh terkuat di game ini.

Seorang tank commander unit independen Aosburgh. Klaus kehilangan ibunya saat ia masih kecil. Ia berprinsip untuk lindungi semua rakyat Imperial yang telah merawatnya sejak kecil. Seseorang yang sangat berpengalaman dalam pertempuran yang percaya akan insting dan intuisinya. Ia sangat cepat dalam memutuskan sesuatu. Klaus sebut squad E milik tokoh utama sebagai “Woman of Destiny Fam Fatal” dan akan terus mengejarnya sampai mati.

Sistem BLiTZ Baru: “Brave”

Kamu bisa memilih antara commit atau stand up untuk mendapatkan berbagai keuntungan Brave System.

Tidak cukup sampai di situ saja, SEGA juga jelaskan beberapa sistem BLiTZ baru, salah satunya adalah sistem “Brave” yang mungkinkan salah satu tentaramu yang nyaris sekarat untuk tak langsung mati. Kamu akan bisa memilih antara dua pilihan, yakni “commit” atau “stand up”. Commit akan mungkinkanmu mengembalikan 1 command point (CP) pada tentara tersebut dan berikan buff sementara untuk tentara ally lain di dekatnya. Sementara “stand up” akan mengembalikan seluruh AP dan membuat tentaramu berada dalam status invincible dalam satu kali kesempatan. Sistem ini akan aktif secara random, jadi kamu tidak bisa mengaktifkannya secara manual.

Apabila HP tentaramu menjadi 0, maka ia akan memasuki status sekarat sampai 3 turn. Jika dalam durasi sekarat tidak kamu bangkitkan dengan cara mendekatinya, maka ia akan mati dan takkan bisa mengikuti pertempuran kembali.

Sistem buku juga akan kembali di game ini. Kamu akan bisa memilih episode di buku untuk menonton cutscene yang ada dan memilih peta untuk melakukan briefing dan battle. Saat briefing, kamu bisa mengatur unit dan strategimu sesuai batas yang telah ditentukan. Episode yang ditandai dengan icon “New” menandakan bahwa episode tersebut belum kamu tonton.

Sama seperti seri terdahulu, book mode (kiri) dan briefing (kanan) kembali hadir di Valkyria Chronicles 4.

Setiap turn selesai, kamu akan di bawa ke battle map. Musuhmu takkan terlihat di battle map sebelum mereka terlihat oleh unitmu, jadi kamu tidak bisa mengetahui posisi mereka sebelum mereka berada di dekat unitmu. Tiap unit yang kamu jalankan akan membutuhkan satu CP. Kamu bisa menjalankan satu unit berkali-kali atau menjalankan semua unit sesuka hatimu. Namun perlu diingat ketika CP habis, maka kamu tidak bisa menjalankan unitmu sama sekali. Kamu juga bisa menghemat CP-mu dengan menghentikan turnmu sebelum CP habis. Semua strategi dan keputusan akan diserahkan padamu, jadi gunakanlah sejara bijak.

Commanda Mode dengan battle map (kiri) dan Action Mode (kanan), mungkinkanmu untuk atur strategi demi kalahkan musuh-musuhmu dalam pertempuran.

Unit yang kamu jalankan akan membutuhkan AP yang ditandai oleh bar di bawah layar. Menekan R1 akan bawamu memasuki aim mode. Sama seperti seri terdahulu, jika kamu tidak mendekati jarak tembak musuh, maka unitmu tidak akan ditembak otomatis oleh musuh.

Terdapat 6 class yang bisa kamu nikmati (dari kiri ke kanan), Scout, Assaulter (shocktrooper), Support (engineer), Anti-Tank (Lancer), Sniper, dan Grenadier (baru). Tidak/belum ada kepastian akan adanya Fencer seperti Valkyria Chronicles 2 dan 3.

Versi berbahasa Inggris Valkyria Chronicles 4 akan dirilis untuk PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch tahun 2018 mendatang. Versi Jepangnya akan dirilis tanggal 21 Maret 2018 untuk PS4, sementara versi Nintendo Switch-nya akan dirilis musim panas tahun 2018.

Exit mobile version