Sega Tidak Masalah dengan Keberadaan Fan-Game Sonic Selama Tidak Hasilkan Profit

in , , , , ,
Sonic Mania Adventures

Fan-game menjadi suatu pembicaraan yang sensitif ketika melibatkan developer dari game yang ciptakan game. Nintendo menjadi contoh termudah. Perusahaan game asal Jepang tersebut dikenal sangat agresif mematikan proyek buatan fans, membuat fans terkadang harus “menyembunyikan” sumber unduh dari proyek tersebut selincah mungkin agar tidak dapat dimatikan oleh Nintendo.

Layaknya kalimat iklan di zaman dulu, Sega did what Nintendon’t. Publisher yang dikenal akan franchise Sonic the Hedgehog ini melakukan sebaliknya dari yang dilakukan sang studio Mario. Sega tidak mempermasalahkan adanya fan-game mau seburuk atau sebagus apapun. Mereka hanya memberlakukan satu syarat: proyek yang dibuat tidak boleh menghasilkan profit untuk sang kreator. Di luar dari itu, fans bisa membuat apapun dari si maskot landak biru.

Klaim ini bukanlah omongan semata. Sega tak hanya membiarkan fans berkreasi sebebas mereka, tetapi juga sering mengajak mereka terlibat dalam proyek resmi. Sonic Mania menjadi contoh dari dedikasi tersebut. Game tersebut dibuat oleh fans bernama Christian Whitehead yang dimana direkrut oleh Sega telah prototype dalam bentuk fan-game garapannya menarik perhatian Sega. Game tersebut menerima resepsi yang sangat positif dari fans dan bahkan disebut sebagai salah satu game Sonic terbaik saat ini.

Tentunya dengan kebebasan yang diberikan, ada beberapa komunitas yang membuat konten “nakal” yang dapat merusak reputasi franchise. Sonic telah menjadi korban hal tersebut selama bertahun-tahun, namun Sega sejauh ini tidak pernah memberikan DMCA pada konten-konten tersebut meskipun mungkin mereka tidak menyetujui eksistensinya.

Ini merupakan gestur yang luar biasa dari Sega kepada fans dan harapnya semakin banyak developer melakukan hal serupa dan mempercayai imaginasi komunitas penggemar mereka tanpa harus takut karya mereka mengganggu profit produk resmi.


Baca pula informasi lain terkait Sonic the Hedgehog, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.