Sega Tuduh SteamDB Distribusikan Versi Bajakan Yakuza: Like a Dragon

in
Menggelikan.

Kita semua tahu bahwa salah satu alasan kenapa developer maupun publisher Jepang tidak mau distribusikan gamenya ke PC adalah banyaknya pembajakan. Tentu saja hal tersebut sangat mudah dimengerti, namun tingginya keuntungan yang dihasilkan di pasar ini tentu saja membuat banyak developer dan publisher asal negeri sakura tersebut tergiur akan iming-iming dana tambahan.

Perlahan namun pasti mereka akhirnya mulai merilis beberapa gamenya ke PC meskipun tetap mengawasi resiko pembajakan yang ada. Beberapa dari mereka juga sempat perangi pembajakan dengan melakukan take-down laman hingga situs ilegal yang distribusikan ROM dan beragam game bajakan yang saat ini tidak ditemukan di pasaran.

Namun, bagaimana jika salah satu dari mereka salah sasaran? Inilah hal blunder yang dilakukan SEGA terhadap laman SteamDB, situs informasi database video game yang dipasarkan di Steam.

Ini diungkapkan Pavel Djundik, kreator SteamDB via akun Twitter pribadinya. Ia mengatakan bahwa pengacara SEGA mencoba untuk menutup laman Yakuza: Like a Dragon milik SteamDB. Mereka mengklaim bahwa SteamDB mendistribusikan gamenya secara ilegal.

Djundik kemudian menutup laman tersebut karena pengacara SEGA dan pihak SEGA sendiri tidak merespon pembelaannya. Kini laman Yakuza: Like a Dragon di SteamDB tak bisa diakses dan hanya bertuliskan “laman ini ditutup karena Sega mengklaim kami mendistribusikan game mereka di sini (kami tidak melakukannya)”.

Steamdb Yakuza

Menariknya, laman game Yakuza mereka yang lain justru aman dan tidak ditutup oleh Djundik. Indikasikan bahwa SEGA hanya menarget laman Yakuza: Like a Dragon saja.

Tentu saja ini adalah hal yang sangat menggelikan dari SEGA, mengingat SteamDB sendiri hanyalah website berisi informasi video game apapun yang dijual di Steam. Selain harga di setiap negara, mereka juga mendistribusikan informasi game mana saja yang menjadi top-seller setiap minggunya dan berapa banyak player yang tengah memainkannya.

SteamDB tidak pernah mendistribusikan game bajakan, bahkan kreatornya sendiri dengan lantang mengatakan bahwa mereka tidak mendukung aksi ilegal tersebut.

Hingga tulisan ini turun, SEGA belum memberikan komentarnya sama sekali tentang kasus tersebut.


Baca lebih lanjut tentang SEGA atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.