Sega Ungkap Tak Tertarik Diakuisisi Usai Munculnya Kabar Pertimbangan Microsoft

Microsoft Akuisisi Sega

Microsoft Akuisisi Sega – Mengisi ketertinggalan game first-party khususnya untuk pasar Asia, Microsoft dilaporkan tertarik untuk akuisisi Sega. Kabar ini makin resmi ketika dokumen sidang antara Microsoft vs FTC mulai dipublikasikan ke dunia maya.

Pada tahun 2020 lalu, bos Xbox Phil Spencer mengajukan CEO Microsoft untuk membeli Sega karena jangkauan mereka di pasar Asia ditambah dengan IP beragam dan populer yang mereka miliki.

Sega Ungkap Tak Tertarik Diakuisisi Usai Tersebarnya Dokumen Microsoft

Klarifikasi terkait tawaran akuisisi dari Microsoft

Ketertarikan ini masuk akal melihat Microsoft kesulitan menjual console mereka di pasar Asia yang telah didominasi oleh Nintendo dan Playstation. Bahkan di pasar barat mereka mulai disusul oleh kedua rival tersebut.

Dilansir dari VGC, kabar ketertarikan Microsoft ini membuat saham dari Sega Sammy, perusahaan gabungan antara Sega dan Sammy Corporation, naik drastis dan bahkan menjadi yang tertinggi sejak tahun 2007 lalu.

Xbox

Hal ini mengundang tanda tanya apakah mereka benar-benar mendapat tawaran dari Microsoft atau bahkan proses akuisisi tengah berlangsung. Dilansir dari Bloomberg, Co-chief operating officer Shuji Utsumi mengatakan bahwa perusahaan tidak terbuka untuk akuisisi saat ini.

Bahkan dirinya mengatakan bahwa Microsoft belum mengajukan apapun kepada mereka sejauh ini. Membuat ajuan dari Phil Spencer kemungkinan belum direalisasi atau ditolak.

Sega dan Microsoft Telah Menjalin Kerja Sama yang Positif Selama Beberapa Tahun Terakhir

Sudah menjalin kerja sama dalam beberapa tahun terakhir

Meskipun dibantah, Mantan rival Nintendo itu memang dalam beberapa tahun terakhir menjalin hubungan kerjasama yang cukup positif dengan Xbox.

Perusahaan di balik franchise Sonic the Hedgehog itu telah menjadi salah satu publisher yang paling aktif mengisi katalog Xbox Game Pass lewat franchise seperti Persona hingga Like a Dragon.

Tak hanya itu, salah satu studio milik perusahaan itu, Creative Assembly telah ditunjuk Microsoft untuk kembangkan beberapa sekuel IP klasik mereka seperti Halo Wars 2 dan Age of Empires 4.

Dengan Microsoft ingin mengisi pasar Asia ditambah dengan hubungan positif kedua perusahaan, apabila Sega sewaktu-waktu diakuisisi oleh Xbox mungkin tidak akan menjadi kejutan lagi.

Tetapi apakah pembelian tersebut nantinya berujung pada kontroversi dan sidang berkepanjangan layaknya yang terjadi saat ini dalam akuisisi Activision Blizzard? Kita lihat saja nanti.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Microsoft, Sega, dan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version