5 Tips Pola Hidup Sehat untuk Gamer

stock footage a fun loving video gamer playing with a wireless joystick while eating popcorn

Sehatkan gaming mu ! halah pernyataan macam apa ini ? Yang pasti gua disini mau mengajak kalian yang baca rubrik gua ini untuk jadi gamer dengan lifestyle yang sehat karena kebanyakan para gamer tanpa sadar udah bunuh diri alias ngerusak tubuh pelan-pelan. Serem banget kan kalau kalian lagi main tau-tau kejang tiba-tiba, dan pastinya kalian masih mau main game pas kalian udah tua, kan? Oleh karena itu langsung aja yok kita langsung bahas aja satu persatu.

 

1. Istirahat

Banyak banget gamer yang ngelupain istirahat, padahal yang namanya istirahat itu penting loh walaupun hanya sekedar 5 menit untuk me-refresh TTM kalian karna kalau TTM kalian seger pasti terasa kok kalau kalian main lebih baik dari sebelumnya. Eits bukan teman tapi mesra melainkan tangan, tubuh, mata. Pro-gamer aja inget istirahat kok walaupun cuma sebentar. Istirahatkan mata kalian dengan cara melihat sesuatu berwarna hijau cerah yang bukan berasalah dari monitor atau tutup mata kalian.

Sesekali bangun dari tempat duduk karna duduk terlalu lama itu bahaya loh karna bisa menyebabkan obesitas, otot pegal-pegal, dan bahkan serangan jantung. Walaupun kalian tetap jalanin istirahat selama 5 menit, kalau kalian udah main sekitar 6-8 jam lakukan peregangan untuk tubuh dan tangan kalian yang penting itu untuk main game:


2. Ingat Waktu

Ingat waktu bukan berarti ingat waktu untuk istirahat aja, melainkan :

Banyak banget gamer yang masih suka menunda waktu makan, okey kalau kalian memang malas makan tepat waktu. Tapi seenggaknya kalian jangan sampai gak makan dan minum biar tetap fokus (iklan air minum akuwa). Makanan yang kalian makan jangan indomie melainkan makanan yang solid yang dapat mengisi tenaga kalian seutuhnya, dan kalau kalian memang main diwarnet sebelum kewarnet makan terlebih dahulu agar gak beli indomie soalnya lumayan juga kan untuk hemat isi dompet. Dan kurang minum itu seenggaknya bisa menyebabkan infeksi kandung kemih sampai mengganggu fungsi otak, sedangkan kalian butuh otak untuk merencanakan strategi kalian saat bermain.

Nah yang satu ini nih, banyak banget gamer rela jadi batman dadakan untuk main game, padahal besoknya harus ngantor ,nguli (kuliah), atau sekolah. Akhirnya karena tidur kurang dari 6 jam, kepala pusing bukan main dan juga ngantuk gak bisa konsentrasi untuk menjalankan aktifitas pagi hari, jadinya berantakan deh aktifitasnya. Efek begadang juga ngaruh loh ke kulit, kulit kalian jadi kayak orang tua, jadinya si doi minder deh deket-deket lo brott. Belum lagi resiko penyakit akibat begadang seperti hipertensi, penyakit jantung, dan juga stroke. Yah calon-calon gak bisa main game lagi itu mah.

Hal yang lebih penting disini adalah hal-hal yang harus diutamakan seperti tugas kantor, tugas kuliah, tugas sekolah, dsb. Kalau tugas kantor sih pasti dikerjain, kalau gak celaka dipecat bos. Nah, kalau tugas kuliah dan sekolah ini nih yang suka di sepelekan. Kalian harus belajar brott mementingkan tugas-tugas kalian terlebih dahulu karena itu kewajiban kalian brott, apalagi orang tua udah bayarin sekolah dan kuliah mahal-mahal. Lagipula kalau kalian menunda tugas atau bahkan nyontek besok paginya, pasti kegiatan gaming kalian jadi ga tenang, kalian bakal mikirin terus apa paginya sempet untuk nyotek dan akhirnya kesekolah terburu-buru agar gak telat dan sempat nyontek teman.

Dan mantapnya kalian malamnya begadang, tidur sebentar dan bangun dengan kepala pusing tujuh keliling, nyontek jadi salah juga. Hancur deh lembaran baru kalian dipagi hari, maka ubah mindset kalian menjadi “wah harus tuntasin tugas nih biar bisa ngegame tenang!”. Oh ya 1 lagi, yaitu ibadah. Buat yang muslim jangan sampai ngorbanin waktu sholat cuma buat main game, apalagi pas bulan puasa banyak banget gamer yang larinya ke warnet saat jam sholat tarawih.


3. Jaga Kebersihan

Kalau yang satu ini sih mungkin lebih ke gamer warnet, apalagi yang ngemil dan ngerokok jalan terus. Gua gak bakal bilang hal-hal semacam “jangan merokok!”,”awas nanti mati loh!”, dsb. Tapi hal yang sesuai gua sebut diatas barusan, yaitu jaga kebersihan. Kalau memang suka jajan, sampahnya jangan ditumpuk depan monitor, nanti jadi kebiasaan jelek brott. Nah kalau yang suka ngerokok ini nih, kalian kalau ngerokok pasti itu abunya tumpeh-tumpeh dan bertebaran kemana-mana. Bisa aja bersebaran di tombol keyboard atau mouse.

Otomatis jari-jari kalian bakal dipenuhi abu rokok, dan dengan cueknya kalian ngemil dengan jari penuh abu rokok, bisa jadi kalian udah ngemilin abu rokok selama ini brott. Maka dari itu, kalau kira-kira asbak kalian udah tebal abunya, lebih baik dibuang aja karna bahaya juga kalau kalian ngeRAGE pas lagi main terus mukul meja dan abunya terbang dan kehirup tanpa sadar oleh kalian. Udah ngehirup asap rokok, ngehirup abunya juga pula. WOMBO COMBO BANGET!!


4. Olahraga

Mulai sempatkan waktu untuk olahraga, misalkan kalau main Dota 2. Setiap kalian mati kalian harus jumping jack selama 5 kali. Atau misalkan kalian kill 10 dan death 6. Maka kalian tetapkan kalau kill itu push-up dan death itu sit-up. Jadi kalian harus push-up sebanyak 10 kali dan sit-up 6 kali. Jadinya kalian gak perlu bikin jadwal rutin untuk olahraga karena pasti bakal malas atau lupa karena asik ngegame.


5. Tetap ngeGame Pada Batasnya

Banyak banget nih gamer yang asik main game jadi ngecuekin sms/telpon dari pacar, kerabat, bahkan ortu. Karena kalau sampai begitu sama aja kalian memilih untuk hidup di dunia fantasi dibanding di dunia nyata, kalian sudah kecanduan. Memang sih gak ada salahnya kita ngegame demi istirahat dari dunia nyata, tapi jangan sampai hubungan kalian dengan kerabat, pacar, bahkan ortu jadi renggang akibat game doang.

Jangan bandingin hal ini dengan pro-gamer, karena mereka sudah mendedikasikan hidup mereka untuk gaming, dan didalam mindset mereka pun bahwa game adalah pekerjaan  dan mereka dikelilingi oleh orang yang udah paham dan maklum dengan pekerjaan mereka. Terlebih lagi mereka memang mengandalkan gaming sebagai mata pencaharian. Beda dengan kita yang masih ada kepentingan lain yang harus dilakukan, namun jika kalian memang ingin menjadi pro-gamer kalian harus berani mengambil resiko yang ada seperti kehilangan pekerjaan, kuliah terbengkalai dan lain-lain

Ngegame itu memang asik, tapi berbahaya kalau lupa waktu dan tanpa batasan. Dengan tips diatas kalian masih bisa tetep main game dengan waktu lama tanpa ngerusak tubuh dengan cepat. Keep gaming and winning brott!

Exit mobile version