Sejumlah Pemain Dapat Me-refund Cyberpunk 2077 Tanpa Perlu Mengembalikan Gamenya

in , , , , , ,
1f25cbe7 3d9c 4dd2 8719 299979fe97d2 1.769e8dffc851f5f5910f80518416c8e8

Sampai saat ini, sepertinya permasalahan game Cyberpunk 2077 belum bisa terselesaikan secara tuntas. Berawal dari jadwal perilisan yang terus diundur, karyawan yang dipaksa bekerja lembur, kekacauan akibat masalah bug dan optimisasi, penarikan dari Playstation Store, bahkan beberapa orang yang menuntut ke pengadilan karena merasa tertipu.

Hal ini membuat CD Projekt Red selaku developer menawarkan refund untuk seluruh pemilik game Cyberpunk 2077. Co-founder dari CD Projekt Red yaitu Marcin Iwinski juga sudah menyatakan klarifikasi serta permintaan maaf melalui video yang diunggah beberapa hari yang lalu. Meskipun developer telah berusaha untuk bertanggung jawab atas kekacauan ini, sepertinya masalah pun belum kunjung usai. Karena baru saja dilaporkan bahwa beberapa pemilik game Cyberpunk masih dapat memainkan gamenya meskipun sudah menerima uang refund.

Menurut laporan dari situs Vice, beberapa orang yang melakukan refund sudah mendapatkan uang pengembalian melalui PayPal, namun belum diminta untuk mengembalikan salinan gamenya sampai saat ini  Salah satu pemilik Cyberpunk 2077 Collector’s Edition bernama Steve (nama belakang tidak diberi tahu) menyatakan bahwa ia merasa terkejut ketika dirinya masih menyimpan game serta berbagai bonus merchandise lainnya seharga $250 (sekitar Rp3,5 juta), meski sudah menerima uang refund melalui PayPal.

Screenshot 2
Jumlah pengembalian dana Cyberpunk 2077 seharga $250 beserta pajaknya

 

Screenshot 1
Cyberpunk 2077 Collector’s Edition yang dimiliki oleh Steve seharga $250 (sekitar Rp3,5 juta)

Pemilik game lainnya yang membeli Cyberpunk dalam bentuk kode voucher juga melaporkan hal serupa. Ia menyatakan bahwa sampai detik ini game masih dapat diakses melalui konsol Xbox-nya. Meskipun ia sudah mengembalikan voucher game tersebut di toko tempat ia membeli. Namun, ia tidak yakin apakah game tersebut akhirnya akan ditarik di masa mendatang?

Proses refund ini awalnya ditawarkan untuk semua pemilik game dengan cara mengisi formulir dan mengirimnya melalui e-mail. CD Projekt Red juga sudah menetapkan bahwa game harus sudah dikembalikan sebelum 21 Desember 2020. Hingga sekarang, belum ada klarifikasi dari pihak developer. Namun dilaporkan bahwa CD Projekt Red akan mulai menghubungi para pembeli yang melakukan refund pada bulan Januari sampai Februari 2021.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Cyberpunk 2077 serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.