Sejumlah Publisher Pertimbangkan Kenaikan Harga Game untuk Next-Gen

Harga Game
Harga game kemungkinan tak lagi $60 untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Dengan diumumkannya PlayStation 5 dan Xbox Series X sebagai console baru. Secara tak langsung pengembangan video game memakan biaya yang semakin tinggi seiring dengan kecanggihan teknologi. Tak heran apabila developer dan publisher NBA 2K21 akan meningkatkan harganya untuk seri console next gen tersebut menjadi $69.99, meningkat $10 dari harga game AAA pada umumnya yakni $59.99.

Harga baru tersebut kemungkinan juga akan diikuti oleh sejumlah publisher saat console teranyar dari Sony dan Microsoft tersebut dirilis. Setidaknya inilah yang dikatakan oleh IDG Consulting, sebuah perusahaan analisis data dan prakiraan industri video game.

Meskipun belum dijelaskan secara pasti berapa kenaikan harganya, namun Presiden dan CEO IDG Consulting, Yoshio Osaki mengatakan pada GamesIndustry bahwa harga video game untuk next gen kemungkinan akan meningkat. Setidaknya beberapa publisher yang bekerjasama dengan IDG saat ini tengah mempertimbangkannya untuk beberapa franchisenya.

Osaki menjelaskan bahwa kenaikan harga ini dipicu dengan harga video game yang selama ini masih stagnan di $59.99 sejak tahun 2005, era Xbox360 dan PlayStation 3. Sementara, biaya pengembangan video game telah meningkat dari 200% ke 300% tergantung IP, studio, dan genre gamenya, namun harga gamenya masih stagnan di $59.99.

Di sisi lain, harga hiburan lain telah meningkat beberapa persen dari harga pada umumnya. Tiket menonton film misalnya yang meningkat 39%, biaya langganan Netflix yang meningkan 100%, hingga biaya TV kabel yang meningkat 105%.

Dengan meningkatnya biaya game menjadi $69.99, maka hal tersebut hanya meningkatkan harga game menjadi 17% saja. Jauh lebih murah dibandingkan beberapa hiburan lain yang disebutkan di atas. “Peningkatan biaya dari $59.99 ke $69.99 memang tidak akan menutupi biaya yang telah mereka keluarkan yang juga meningkat, namun peningkatan tersebut berjalan ke arah yang seharusnya”, imbuhnya.

Osaki melanjutkan bahwa tak semua game harus meningkatkan harganya menjadi $69.99 untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X. Namun game AAA sekelas NBA 2K21 sangat diuntungkan dengan peningkatan harga tersebut. Bagaimana menurutmu?


Baca lebih lanjut tentang tech, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version