Selain Vice City, 10 Setting Lokasi Kota yang Juga Cocok untuk GTA 6


Follow Us

Rockstar sejauh ini memang masih terkesan malu-malu untuk membuka informasi tentang keberadaan game GTA 6 atau GTA VI. Namun, isu-isu mengenai dimulainya pengerjaan game tersebut sudah sangat begitu berdengung di hadapan para penggemarnya. Entah dengan langsung mengambil nama Grand Theft Auto VI ataupun game Grand Theft Auto *blablabla city, tentu cukup menarik untuk menerka apa yang ingin Rockstar pikirkan terhadap franchise game open world kesayangannya itu.

Nulis artikel dibayar

Setelah Liberty City dan Los Santos dimunculkan kembali dalam pesona grafis yang lebih realistik, nama Vice City seolah menjadi satu-satunya mimpi tertinggal yang sedang didesakkan oleh para fans. Apalagi, ketika melihat berjibun rumor yang entah asli ataupun mengada-ada selalu merujuk kepada kota yang diadaptasi dari Miami tersebut. Vice City boleh saja selalu menjadi pilihan kota yang paling dikedepankan. Tapi, kita tidak bisa menampik kemungkinan bila Rockstar malah punya pemikiran yang agak berbeda dari sebagian besar fans pada umumnya.

Sembari menunggu kapan informasi keberadaan GTA 6 dapat segera mengudara, tak ada salahnya apabila kita mencoba berimajinasi sejenak mengenai setting lokasi kota alternatif yang bisa Rockstar kelola selain vice city. Tentunya tidak hanya untuk game GTA VI semata, tapi bisa juga untuk game-game GTA terbaru berikutnya dari mereka.


1. Kanada

Satu pilihan lokasi yang seharusnya cukup pantas untuk ikut diangkat ke dalam game GTA. Biasa dikenal sebagai negara tetangga dari Amerika Serikat, Kanada memiliki sejumlah kota-kota besar bersifat metropolitan seperti Toronto, Montreal, Vancouver dan lain-lain.

Selain itu, negara yang terletak sangat utara sekali di benua Amerika ini pun juga memiliki banyak wilayah hutan, danau dan area-area bersalju yang seharusnya mulai lebih banyak dimasukkan ke dalam game-game GTA. Sehingga dapat pula dikomposisikan dengan sejumlah landmark penting seperti air terjun niagara plus gunung besar bersalju yang berada tepat di sekitar danau dan hutan yang masih kehijauan (Rocky Mountain).

Rocky Mountain

Map dalam GTA Canada dapat pula dibuat sedikit bersinggungan dari sebagian wilayah perbatasannya dengan US. Dari sana, Rockstar mungkin bisa mengambil banyak isu-isu kriminal yang kurang lebih mirip seperti GTA V. Melihat Canada punya suatu pesona alam yang indah dan kultur yang lebih kental dari karena keberadaan para native (pribumi), Rockstar nampak bisa mengadaptasi kisah tentang seorang pengusaha imigran korup yang ingin mengeruk tanah di sana maupun konspirasi tentang penentuan lokasi perbatasan, hingga kelonggaran aturan imigrasi yang seringkali disalahgunakan para ekspatriat nakal demi bisa berbuat onar di Kanada


2. Chicago

Setting kota yang sebenarnya sempat diadaptasi oleh game Watch Dogs pertama. Melihat  game tersebut tidak terlalu mendapat banyak resepsi yang cukup positif, bisa jadi ini adalah momen yang tepat bagi Rockstar untuk menunjukan kepada Ubisoft sebuah contoh mengenai bagaimana cara membuat game open world berkualitas yang didasari oleh keunikan kota Chichago.

BACA JUGA  [Rumor] Tampilan Perdana Game GTA VI Baru Saja Dibocorkan

Tanpa perlu banyak penjelasan, kota ini memang memiliki semacam sejarah dan kaitan yang sangat begitu kental dengan hal-hal yang berbau gangster dan organisasi kriminal berbahaya. Tentu cukup menarik untuk melihat bagaimana Rockstar menggarap kota Chichago versi fiksi ini yang tidak hanya penuh dengan bangunan-bangunan tinggi menjulang, tapi juga dengan beragam lanskap menarik yang lebih berbeda.


3. Honolulu, Hawaii

Salah satu pulau terpencil milik Amerika yang cukup populer dan sering diadaptasikan ke dalam berbagai film-film layar lebar. Uniknya, pulau yang biasa kita sebut Hawaii ini masih belum sempat mendapat pengenalan yang cukup di ranah dunia game open world. Yang membuat Hawaii bisa jadi destinasi setting game GTA yang cukup menarik jelas berasal dari keindahan geografinya.

Tidak hanya memiliki medan area dan hutan yang serba lengkap nan kultural saja, Hawaii juga dikenal punya sejumlah spot gunung berapi aktif yang belum sempat diangkat ke dalam seri-seri game GTA manapun. Mengenai relevansinya dengan aktivitas kriminal maupun konspirasi-konspirasi aneh di dalamnya, Hawaii memang merupakan wilayah yang tergolong aman di dunia. Namun berkat kepopuleran serial tv Hawaii Five-o, menjadikan Honolulu (kota terbesar Hawaii) sebagai kota “nakal” bukanlah hal yang terlalu memaksa.

Jangan lupakan juga tentang sejarah Pearl Harbour yang mungkin bisa membuat para organisasi kriminal di Jepang diam-diam masih menyimpan dendam terhadap pulau Hawaii


4. Kingston, Jamaica

Jika negara-negara non berbahasa inggris seperti Kuba hingga Brazil akan ikut menjadi satu lokasi yang bisa kamu kunjungi di GTA VI sesuai dengan rumornya, harus diakui bahwa itu merupakan satu ide yang cukup luar biasa. Namun, negara di sekitaran area Karibia seperti Jamaica pun sebenarnya juga merupakan satu opsi menarik yang bisa dipertimbangkan oleh Rockstar.

Selain dikenal akan musik reggaenya, Satu negara yang terletak di satu pulau kecil penuh ini juga punya catatan historis sebagai pengekspor para “yardies” atau kelompok geng kriminal ikonik jamaika beserta dengan tanaman cannabis yang sudah biasa kamu kenal sebagai “ganja”. Negara ini pun juga punya semacam selera humor untuk menamai sejumlah wilayahnya dengan nama yang sangat terdengar konyol dalam bahasa Inggris. Dimana itu bisa sangat cocok sekali dengan gaya representasi game GTA.

ada wilayah bernama “tunggu sebentar” ?

Lalu, jangan lupa bahwa Rockstar sepertinya juga punya pilihan untuk dapat menambahkan sedikitnya pulau-pulau kecil lain yang mungkin terlihat seperti bekas area jarahan para bajak laut di zaman Assassin Creed: Black Flag.


5. London + Inggris Raya

Watch Dogs Legion untuk pertama kalinya boleh saja mau mengangkat dunia kota modern London secara lebih HD. Akan tetapi, bagaimana apabila Rockstar malah bisa berbuat lebih ambisius dari game buatan Ubisoft tersebut. Dimana yang saya pribadi maksud adalah mengambil seluruh daratan kepulauan inggris termasuk wilayah scotlandia hingga kepulauan Irlandianya sekalipun ?

BACA JUGA  GTA San Andreas PC Gratis Pemanen, Berikut Cara Redeem-nya

Tentu ini bisa menjadi satu game GTA terbesar yang pernah dibuat oleh mereka, meski sama sekali mustahil untuk memberikan luas lokasi yang sama persis. Menariknya, Rockstar dan Inggris (atau minimal  kota London) punya hubungan yang sangat begitu familiar lewat game GTA: London 1969 yang sempat mereka buat di tahun 1999. Sehingga tak ada salahnya apabila mereka ingin coba untuk mengilustrasikan lagi kemegahan negara eropa yang satu ini.


6. Dubai

Arab atau timur tengah punya suatu lokasi yang menurut saya cukup cocok untuk diadaptasi ke dalam game GTA. Bertempatkan di Uni Emirat Arab, Dubai jelas adalah satu opsi yang patut untuk diperhitungkan. Kota ini digambarkan sangat begitu futuristik plus mewah terlepas dari lanskapnya yang berada di tengah-tengah padang gurun.

Isu tentang minyak dan segala sumber daya penting lainnya dapat menjadi satu topik yang cukup esensial bagi keberadaan game GTA Dubai. Begitu pula dengan penggambaran area sudut luar kotanya yang mungkin lebih banyak berisikan jejak-jejak budaya yang dapat ikut mendukung plot.


7. Australia

Lokasi yang mungkin agak kurang populer untuk keikonikan franchise GTA, tapi tetap punya keunikan lewat perbedaan musim cuaca dan juga hewan kanguru. Di dunia game open world sendiri, bukan berarti negara Australia sama sekali tidak pernah diadaptasikan di  sana. Karena seingat saya, game balap mobil eksklusif dari microsoft seperti Forza Horizon 3 pernah mengambil setting lokasi dari negara yang terletak di sebelah tenggara Indonesia itu.

Australia memang merupakan satu tantangan yang paling berat untuk Rockstar. Namun secara historis, negara ini punya beragam catatan tentang keberadaan organisasi kriminal yang betul-betul beraneka macam mulai kelompok dari amerika latin, asia tengah, asia timur hingga tenggara, timur tengah, eropa timur, dan masih banyak lagi. Bila Rockstar cukup serius dalam menggarap versi fiksi dari Australia, apakah mereka akan menamainya sebagai “Little United States” ?


8. Hong Kong + Macau

Bagaimana seandainya bila Sleeping Dogs mendapat suksesor spiritual langsung dari sang “embahnya” game open world ? Itulah yang nampak bisa menggambarkan rencana rockstar apabila mereka mau memilih Hong Kong sebagai satu lokasi utama untuk game GTA terbarunya. Deretan film-film laga hongkong yang nampak menginspirasi dan organisasi triad pastinya akan selalu menjadi pedoman terdepan yang dapat Rockstar pegang.

Demi membedakannya dengan Sleeping Dogs, Rockstar mungkin juga akan kepikiran untuk menambah satu lokasi tambahan yang terinspirasi dari wilayah “Macau” dalam map Hong Kong-nya. Macau sendiri merupakan suatu wilayah Tiongkok dengan statusnya sebagai daerah administratif khusus, dimana anggaplah mirip seperti Aceh maupun Yogyakarta di Indonesia.

BACA JUGA  7 Cewek GTA San Andreas Yang Bisa Menjadi Pacar Bang Ucok
Kota judi, Macau

Wilayah kecil bekas jajahan Portugis ini sangat dikenal akan dedikasinya yang sangat begitu tinggi terhadap industri perjudian. Ketika otoritas pemerintah Tiongkok terang-terangan menganggap judi itu ilegal, banyak warganya masih tetap bisa secara leluasa menikmati aktvitas “haram” ini hanya dengan berkunjung ke kota Macau saja.  Sehingga boleh dibilang merupakan versi Tiongkok dari kota Las Vegas, Macau jelas nampak bisa jadi satu pertimbangan yang menarik untuk diadaptasikan ke dalam sebuah game GTA oriental.


9. Singapura

Mungkin agak berlebihan, tapi termasuk cukup luar biasa apabila Rockstar mau coba memalingkan perhatian mereka kepada sejumlah kota atau negara yang terletak di kawasan asia tenggara, contoh uniknya seperti Singapura. Secara umum, negara ini punya lokasi pemetaan yang cukup menarik, karena berbatasan langsung dengan negara malaysia dan pulau Batam dari Indonesia.

Kebetulan, Singapura juga merupakan negara yang paling mengutamakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi, sehingga pasti bukanlah sebuah pertimbangan yang cukup sulit bagi Rockstar dalam menyesuaikannya. Apalagi ketika membuat cerita yang mungkin berkaitan dengan sedikitnya gesekan  antar para etnis warganya di bidang ekonomi, sosial, dan budaya yang bermacam-macam. Menambahkan lokasi pulau Batam juga dapat menambahkan suatu kesan tersendiri mengenai GTA “Lion City” ini.


10. Bali

Dibandingkan dengan Jakarta, Bali merupakan kawasan yang sangat begitu dekat dengan pendatang asing, atau yang biasa kita sebut sebagai turis. Wilayah ini semakin lama juga semakin punya tingkat rekognisi yang tidak main-main di mata para wisatawan internasional. Dimana tentu hal itu secara otomatis juga dapat membuka peluang mengenai munculnya versi adaptasi game GTA yang membahas khusus tentang pulau dewata Bali.

Secara fiktif, Rockstar mungkin dapat memparodikan Bali sebagai pulau yang semakin lama telah semakin kehilangan identitas budaya akibat efek samping dari arus modernisasi yang betul-betul kejam. Sehingga tempat tersebut kini mulai menjadi sarang baru bagi para turis pendatang yang memiliki niatan baik maupun jahat. Kamu pun bisa berperan sebagai seorang ekspatriat atau mantan turis yang ingin memulai hidup baru di pulau tersebut, entah dengan cara yang baik atau sesuai dengan kaidah budaya game GTA.


Demikianlah kumpulan setting lokasi yang seyogyanya dapat Rockstar pertimbang ataupun bawa ke dalam seri GTA terbaru. Khususnya apabila kota Vice City sendiri sudah dianggap sebagai ide yang terlalu mudah untuk ditebak. Bagaimana dengan kalian sendiri ? Adakah sejumlah kumpulan kota-kota menarik lain yang sudah lama sekali ingin kalian mimpikan untuk hadir di franchise game open world sejuta umat ini ?

Baca pula listicle, maupun artikel-artikel menarik yang berhubungan dengan game GTA 6 dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item