Seluruh Game Nintendo 64 Sebenarnya Bisa Ditampung dalam 1 Cartridge Nintendo Switch

in ,

Dengan terus berkembangnya teknologi, data yang dulunya dibilang besar kini bisa ditampung dalam media yang fisiknya lebih kecil dan memuat ratusan kali lipat dari sebelumnya. Cartridge Nintendo 64, meski ukurannya yang cukup memakan ruang, hanya dapat menampung maksimul 64 MB. Karena limitasi data yang dapat ditampung, jumlah game yang dirilis di console tersebut hanya terhitung 388 game, berbeda jauh dengan PS1 yang mencapai hampir 8000 game.

Secara teori (via CorsairVI), karena game N64 hanya bisa menampung tak lebih dari 64 MB, maka jika ditotalkan dengan 388 game yang dirilis, keseluruhan data untuk menampung semua katalog N64 ialah berkisar 24,832 MB atau 24,8 GB.

Kebanyakan game Switch memakai cartridge berukuran 8 GB, namun opsi cartridge 32 GB tersedia untuk publisher, hanya saja jarang dimanfaatkan karena memakan biaya produksi yang jauh lebih tinggi. Maka dari itu, pada dasarnya keseluruhan katalog N64 bisa dirilis ulang dalam satu cartridge berukuran 32 GB pada Nintendo Switch, bahkan bisa saja ditampung dalam cartridge 16 GB melihat sedikit game yang benar-benar manfaatkan keseluruhan kapasitas 64 MB pada cartridge N64.

388 game N64 bisa ditampung dalam ini

Meskipun memungkinkan untuk memuat semua game di console lama tersebut, mustahil bagi perusahaan apapun bahkan Nintendo untuk dapat merilis koleksi sebesar itu secara resmi. 388 game yang ada di N64 dipegang oleh berbagai perusahaan third-party dan mustahil bagi siapapun untuk membuat kompilasi secara legal. Namun tetaplah menarik untuk melihat kembali teknologi lama dan seberapa jauh industri telah berkembang dalam 20 tahun terakhir.


Baca pula informasi lain terkait Nintendo beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.